.

.
» » » » "God Bless You" dan "HZ-HM1" di Bodi Pesawat Raja Salman

Jakarta, RedaksiManado.Com - Hiruk-pikuk mewarnai kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud. Tak terkecuali perbincangan tentang tulisan di bodi pesawatnya.

Saat mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (1/3/2017), tampak pesawat Boeing seri 747-400 itu terdapat tulisan di bodi-nya. Di bagian hidung terdapat tulisan "God Bless You" dan tulisan arab. Sedangkan di bagian ekor pesawat bertuliskan "HZ-HM1". 

Nah, kata "God Bless You" itu menjadi perbincangan di kalangan pengguna dunia maya. 

Penelusuran RedaksiManado.com memang pesawat Saudi Airlines ini bertuliskan "God Bless You" dan huruf arab di atasnya. Entah dimaksudkan sebagai sugesti positif atau doa, di moda transportasi yang sangat mengutamakan keselamatan dan zero tolerance kesalahan ini. 

Sedangkan di bagian belakangnya, tertulis "HZ-HM1", diketahui sebagai nomor registrasi pesawat. HZ diketahui adalah nomor registrasi pesawat untuk negara Arab Saudi. 

"HM 1 berarti His Majesty (Yang Mulia-red)," demikian kata Corporate Communication PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) Marta Lori Francisca dalam keterangan tertulisnya menjelaskan segala macam ground handling yang ditangani JAS, Rabu (1/3/2017). 

Dilansir dari planespotter.net, pesawat itu persisnya bertipe Boeing 747-468 diperkuat dengan 4 mesin pesawat bermerk General Electric (GE) 4x GE CF6-80C2B5F yang penerbangan pertamanya pada 26 Januari 2001, dan sempat menjadi pesawat komersial Saudi Arabian Airlines sejak 30 Maret 2001 dengan nomor registrasi HZ-AIZ. Pesawat ini akhirnya dikonfigurasi menjadi pesawat VIP untuk Pemerintahan Arab Saudi dengan nomor registrasi HZ-HM1 sejak 7 Oktober 2006, dan sempat diservis pada 2011. Usia pesawat ini berarti sudah 16,1 tahun.

Saat Raja Salman melawat ke Jakarta, pesawat ini menginap di Bandara Halim Perdanakusuma hingga tanggal 4 Maret 2017 melanjutkan perjalanan ke Denpasar, Bali. 
(TL)

Admin RMC , , 3/01/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama