.

.
» » » » Komisi I DPRD Tomohon Kunjungi Kecamatan Tomohon Barat


TOMOHON, RedaksiManado.Com – Ketua Komisi 1 DPRD Kota Tomohon Jimmy Wewengkang MBA bersama tiga orang anggota yakni James Sundah SE,James Kojongian ST dan Santi Runtu melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Tomohon Barat yang dilaksanakan di ruang Rapat Kantor Camat,Jumat (3/3/17).
Dalam pertemuan tersebut Camat Tomohon Barat Edvin MJ Joseph SSTP MSi menginformasikan gambaran umum wilayah kecamatan Tomohon Barat serta memperkenalkan para Kepala Seksi dan Lurah yang ada.
Selanjutnya ketua Komisi I Jimmy Wewengkang MBA saat memimpin rapat memaparkan semua program Emas Pemerintah Kota Tomohon yang menitik beratkan pada pengembangan kepariwisataan dengan memaksimalkan seluruh potensi yang ada di wilayahnya masing-masing.
Ia mengatakan bahwa masyarakat Kota Tomohon bersyukur karena memiliki potensi alam yang begitu baik serta didukung dengan iklimnya yang sejuk dan sangat menunjang untuk menjadi kota yang sangat layak huni yakni sejuk, aman,damai dan nyaman.
Selanjutnya masing-masing lurah mengusulkan banyak hal untuk kemajuan Pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat seperti pembukaan dan pengaspalan jalan,peningkatan insentif para perangkat kelurahan dan linmas serta pembangunan infrasyruktur lainnya, serta biaya-biaya lainnya yang tidak bertentangan dengan kegiatan pengukuran lahan yang jauh dan berjurang juga bagi kontribusi PAD yang nantinya tidak menyalahi aturan seperti berimbas pada pungli.
Usulan petugas /mantri air bendungan atau irigasi air agar di masukkan dalam anggaran swakelola bendungan untuk pengairan pertanian. Begitupun dengan perbaikan pintu-pintu air di Ranowangko IV untuk menunjang pengairan sawah pertanian.
Begitupun dengan permasalahan aktivitas peternakan yang mengganggu kenyamanan masyarakat karena berada dekat pemukiman dan pengelolaan limbah yang tidak baik sehingga menimbulkan polusi.
Usulan pengadaan satu unit kendaraan pengangkut sampah untuk kecamatan Tomohon Barat, begitu juga dengan sampah-sampah yang jatuh dari mobil-mobil pengangkut sampah harus di koordinasikan dengan dinas terkait.
Lurah Taratara dua mengusulkan retribusi untuk penggunaan jalan umum ketika membuat bangsal untuk pesta, serta proses perijinan yang nantinya dalam satu pintu.
Menanggapi semua usulan tersebut ketua komisi I DPRD Kota Tomohon mengatakan kunci dari suksesnya pelaksanaan tugas-tugas adalah dengan melakukan inovasi.Beliau bersama anggota Dewan lainnya juga kaget ketika mengetahui Kelurahan Taratara telah menggunakan CCTV, apresiasi kepada masyarakat dan lurah yang telah mengadakannya.
“Untuk melestarikan budaya asli daerah seperti dalam desa adat dengan mempertahankan budaya daerah.Karena nantinya akan dilaksanakan pemekaran kelurahan dan pembentukan kembali desa ,”kata Wewengkang.
Dalam hal pembuatan jalan saat ini menurutnya dilakukan seenaknya, coba lakukan secara proporsional untuk dibangun sehingga tidak menimbulkan kekecewaan dalam masyarakat.
Selanjutnya James Kojongian mengatakan bahwa semua usulan dari kelurahan harus selalu melalui mekanisme musrenbang,karena saat program kegiatan yang akan dilakukan
telah tertata dalam E-Musrenbang yang tidak bisa di rubah lagi.
“Saya mengingatkan tentang detail Pembangunan melalui Rencana Detail Tata Ruang dari Pemerintah Kota melalui Bapelitbang yang akan diusulkan pada tahun ini. Nantinya  juga akan dilaksanakan melalui pelaksanaan konsultasi publik.Menyangkut kenaikan insentif akan di sesuaikan dengan PAD,” imbuh Kojongian.
Menurut Kojongian untuk usaha peternakan sebelumnya telah disepakati bahwa usaha ini dibatasi maximal 200 ekor per peternakan dan harus buat pipa saluran melalui septik tank.
Kojongian menegaskan untuk menunggu rencana detail yang akan menyelesaikan semuanya itu. Begitupun LPM Kelurahan tupoksinya membantu lurah sesuai permendagri no 5 tahun 2007 dan rencana dengan LPM exekusi kegiatan dgn perangkat.LPM membantu tugas-tugas lurah. Untuk ijin Ho sesuai permendagri nomor 27 tahun 2009.  
Ketua Komisi mengucapkan terima kasih atas usul saran dan masukan ini.Kegiatan turut dihadiri Sekcam Tombar Magdalena  M R Mantow SE para kepal seksi, semua lurah se kecamatan Tomohon Barat dan para staf di kecamatan Tomohon Barat. (Abd)

Admin RMC , , 3/03/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama