.

.
» » KM. Porodisa Tidak Beroperasi, Kemenhub Turun Tangan

Talaud, RedaksiManado.Com - Terkait Tidak Beroperasinya Angkutan Penyeberangan KM. Porodisa, Pemerintah Kabupaten Talaud melalui Dinas Perhubungan mendapat undangan langsung dari Kementerian Perhubungan dalam rangka membahas langkah untuk mengoperasikan kembali KM. Porodisa yang selama ini tidak lagi beroperasi.

Kepala Dinas Perhubungan Max Patone kepada wartawan mengatakan bahwa pihaknya pada pekan lalu mendapat undangan dari kementerian perhubungan (Kemenhub) dimana undangan tersebut membahas permasalahan kenapa KM. Porodisa tidak beroperasi dan menentukan langkah untuk mengoperasikan kembali KM. Porodisa segera.

"Kami mendapat undangan dari kemenhub, dan dalam pertemuan itu membahas bagaimana agar KM. Porodisa bisa di operasikan kembali segera," jelas Patone.

Selain itu, lanjut patone, Kemenhub menyarankan agar ke depan bisa lebih pro-aktif dalam hal pengawasan terhadap Perusahaan Daerah Angkutan Penyeberangan (PDAP) dalam hal operasional atau pengelolaan Angkutan Penyeberangan (AP) karena Angkutan yang ada (KM. Porodisa dan KM. Napombaru-red) sudah di hibahkan ke Pemdakab Talaud untuk menunjang perekonomian di Kabupaten Talaud yang merupakan daerah Kepulauan.

Karena itu, sehubungan dengan Operasional kedua AP tersebut merupakan subsidi APBN, maka sebagai langkah awal Dinas Perhubungan sudah meminta kepada pihak Kemenhub melalui Satuan Kerja (Satker) Kemenhub di Propinsi Sulut untuk melakukan Docking terhadap KM. Porodisa karena kondisi mesin yang rusak total/tidak bisa dihidupkan dan Satker merespon baik dengan rencana bulan maret atau april akan datang untuk meninjau keadaan kapal KM. Porodisa dan apabila akan di docking, maka satker akan mengadakan satu unit AP sebagai pengganti sementara KM. Porodisa.

"Sudah Koordinasi dengan Satker Kemenhub dan Satker akan segera datang meninjau kondisi KM. Porodisa untuk kemudian di lakukan Docking dan sementara itu, satker akan mengadakan 1 unit AP sebagai pengganti sementara selama masa Docking," urai patone.

Untuk itu, di himbau bagi masyarakat agar bisa bersabar karena Pemdakab Talaud tetap akan berusaha untuk segera mengoperasikan kembali KM. Porodisa guna memperlancar pelayanan penyeberangan antar pulau di Kabupaten Talaud dan di upayakan melihat koordinasi hasil dengan satker kemenhub, bulan April - Mei KM. Porodisa akan Docking sehingga pertengahan tahun bisa kembali melayani rute antar pulau di Kabupaten Talaud atau di luar daerah sedangkan dalam hal pengawasan, pihak Dishub sebagai dinas teknis akan koordinasi dengan pihak Polres atau TNI untuk melakukan pengawasan terhadap operasional PDAP dan aktivitas bongkar/muat di dermaga Kapal Fery.[SS]

Admin RMC 3/10/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama