.

.
» » » » Gelar HPSN 2017, Bupati Mitra Himbau Masyarakat Jaga Kebersihan

Mitra, RedaksiManado.Com – Pelakanaan puncak kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) turut dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dengan melakukan Jalan Sehat dan bersih bersih Kota Ratahan, Jumat (10/3). Dihadiri langsung Bupati Mitra, James Sumendap, SH, Ketua DPRD Kabupaten Mitra, Drs Taviv Watuseke, para pejabat Pemkab dan seluruh ASN, polsek Urban Ratahan, Koramil Ratahan.
HPSN tahun 2017 ini mengambil tema “Melaksanakan pengelolaan sampah terintegrasi dari Gunung, Sungai, Kota pantai hingga laut untuk mewujudkan Indonesia bersih sampah 2020”
Sementara Bupati Sumendap dalam kesempatan itu menuturkan, program Mitra bebas sampah 2020 dan persiapan kota Ratahan menuju kota Adipura kategori kota kecil, maka Kecamatan yang memiliki wilayah pesisir dan laut, kegiatannya diutamakan dalam bentuk pembersihan pantai dan mangroove.
Dan khusus kecamatan yang tidak memiliki wilayah pesisir dan laut maka dilakukan aktivitas seperti bersih-bersih kawasan gunung, sungai dan wilayah perkotaan.  Tak lupa, Bupati menghimbau agar masyarakat melakukan pembersihan sampah dimulai dari dalam lingkungan keluarga masing-masing.
“Mari kita lakukan aksi nyata bersama, bergerak dari tingkat paling terkecil yakni keluarga, lingkungan, desa/kelurahan/kecamatan sampai kabupaten tanpa tekecuali untuk ambil bagian dalam aksi kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Dalam mengendalikan sampah dibutuhkan kesadaran dari diri masing-masing,” himbau Bupati.
Dikatakan Bupati, masyarakat harus sadar diri, sadar lingkungan agar lingkungan sekitar kita dapat kelihatan bersih, dan program dapat tercapai.
“Bagi masyarakat Mitra, sudah menjadi kebiasaan jika hendak melaksanakan acara duka maupun suka, kadangkala menjadi bencana sampah dimana sisa sisa kemasan air mineral dan makanan berserakan disegala tempat, bahkan hanya dibuang di saluran air, kiranya dapat disediakan tempat pembuangan sampah saat acara dan jangan membuang sampah sembarangan baik di lokasi acara maupun di selokan,” pintanya.
Diketahui, pada Kegiatan HPSN tahun 2017 tersebut Bupati  Bupati juga mencanangkan Pemuda Mitra Hebat 2017. Usai pelaksanaan puncak kegiatan,  Bupati bersama jajarannya melaksanakan Jalan sehat masal yang merupakan salah satu olah raga rekreasi dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat dalam rangka sehat jasmani dan menjadi budaya dan kebiasaan masyarakat dalam berolahraga serta tercipta kebersamaan.
“Sesuai dengan  Undang undang RI nomor 3 tahun 2005, sebagai genersi penerus dapat menopang program pemerintah.  Komitmen untuk membangun Mitra perlu topangan dari seluruh elemen  masyarakat yang didalamnya pemuda mitra, “ tutur  Bupati.  (bay)

Admin RMC , , 3/11/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama