.

.
» » » GP Belgia: Kecelakaan besar warnai kemenangan Vettel atas Hamilton

RedaksiManado.Com -- Sebastian Vettel merebut kemenangan atas Lewis Hamilton pada balapan Formula 1 GP Belgia yang diwarnai kecelakaan dramatis di tikungan pertama.

Balapan dimulai, tapi kecelakaan besar sudah terjadi di tikungan pertama. Bagi fans Formula 1 pemandangan mobil melayang langsung membawa kembali memori insiden yang serupa pada GP Belgia 2012. Waktu itu Fernando Alonso harus melihat mobil Romain Grosjean melayang tepat di depan kepalanya. Kali ini justru Alonso yang melintas di depan kepala pembalap lain yakni Charles Leclerc.

Tapi Alonso bukan pihak yang bersalah karena dari tayangan ulang terlihat Nico Hulkenberg telat mengerem dan mengunci bannya. Akibatnya pembalap Renault itu menabrak keras bagian belakang mobil Alonso hingga terpental ke arah Leclerc.

Di tengah kekacauan, beberapa pembalap lain juga mengalami kerusakan seperti Kimi Raikkonen yang mengalami bocor ban di sebelah kiri belakang. Sementara Daniel Ricciardo harus masuk ke garasi karena mayoritas sayap belakangnya sudah terlepas.

Saat melaju di lurusan Kemmel, Vettel berhasil menyalip Hamilton sekaligus mengambil alih pimpinan. Pembalap Ferrari itu melakukan manuver yang krusial karena beberapa saat kemudian Safety Car diterjunkan. Di belakang mereka, Sergio Perez menyalip rekan setim, Esteban Ocon, untuk naik ke posisi ketiga.

Balapan kembali dilanjutkan dan Vettel langsung berusaha melepaskan diri dari kejaran Hamilton. Ia membangun jarak keunggulan dua detik beberapa lap setelah restart. Max Verstappen juga tampak tidak mau menghabiskan waktu lama, dan merangsek ke posisi tiga di lap kesepuluh setelah menggusurkan dua Force India.

Pertarungan berjalan stabil di depan, dan Hamilton mengambil inisiatif untuk melakukan pit stop lebih dulu pada lap ke-22. Vettel merespons rivalnya tersebut dan melakukan hal yang sama di lap berikutnya. Keduanya sama-sama beralih ke kompon soft setelah di awal memakai supersoft.

Vettel berhasil menjaga posisi pimpinan ketika keluar dari pit lane, sementara Hamilton harus menyalip Verstappen di lurusan Kemmel untuk kembali ke posisi dua dan memangkas keunggulan Vettel menjadi 1,9 detik. Namun hingga akhir balapan, dua penantang titel tersebut tidak cukup dekat untuk melakukan duel.

Trofi juara balapan akhirnya direbut oleh Vettel yang melintasi garis finis di urutan pertama dengan selisih besar yang mencapai 11 detik di depan Hamilton. Dalam persaingan klasemen, Vettel juga memangkas ketertinggalannya menjadi 17 poin di bawah pembalap Inggris Raya tersebut.

Sejak menyalip mobil-mobil Force India, Verstappen dengan mudah finis ketiga untuk melengkapi podium. Valtteri Bottas berjuang dari posisi belakang dan sempat melakukan manuver overtake luar biasa terhadap Brendon Hartley di Eau Rouge. Di penghujung balapan, pembalap Finlandia itu menyalip satu lagi pembalap, yakni Perez, sebelum mengakhiri balapannya di urutan keempat.

Setelah mencetak hasil kualifikasi terbaiknya, Esteban Ocon harus puas dengan finis keenam. Ia menyelesaikan balapan di duo Haas, Romain Grosjean dan Kevin Magnussen. Pierre Gasly dan Marcus Ericsson melengkapi sepuluh besar.

Selain tiga pembalap yang terlibat langsung dalam kecelakaan tikungan pertama, Raikkonen dan Ricciardo juga gagal finis karena kerusakan yang terlalu parah.

Berikut ini hasil Grand Prix Belgia pada Minggu (26/8/2018).
1. Sebastian Vettel GER Scuderia Ferrari 44 laps
2. Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Motorsport + 11.061s
3. Max Verstappen NED Aston Martin Red Bull Racing + 31.372s
4. Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Motorsport + 63.605s
5. Sergio Perez MEX Racing Point Force India F1 Team + 71.023s
6. Esteban Ocon FRA Racing Point Force India F1 Team + 79.520s
7. Romain Grosjean FRA Haas F1 Team + 85.953s
8. Kevin Magnussen DEN Haas F1 Team + 87.639s
9. Pierre Gasly FRA Red Bull Toro Rosso Honda + 105.948s
10. Marcus Ericsson SWE Alfa Romeo Sauber F1 Team + 1 lap
11. Carlos Sainz Jr. ESP Renault Sport Formula One Team + 1 lap
12. Sergey Sirotkin RUS Williams Martini Racing + 1 lap
13. Lance Stroll CAN Williams Martini Racing + 1 lap
14. Brendon Hartley NZL Red Bull Toro Rosso Honda + 1 lap
15. Stoffel Vandoorne BEL McLaren F1 Team + 1 lap

Gagal Finis
Ret. Daniel Ricciardo AUS Aston Martin Red Bull Racing 28 laps
Ret. Kimi Raikkonen FIN Scuderia Ferrari 8 laps
Ret. Charles Leclerc MON Alfa Romeo Sauber F1 Team 0 laps
Ret. Fernando Alonso ESP McLaren F1 Team 0 laps
Ret. Nico Hulkenberg GER Renault Sport Formula One Team 0 laps                   ***(Bay)

Admin RMC , 8/27/2018

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: