.

.
» » » Pnyelesaian Aset dan Pengawasan,Bisa Membuyarkan Predikat WTP MINSEL Tahun Ini

MINSEL, RedaksiManado.Com - Perjuangan Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu dan wakilnya, Franky Wongkar, memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), terancam buyar. Pasalnya, hingga saat ini penyelesaian masalah aset belum juga rampung. Bidang Aset dan Inspektoratpun bungkam.
Dari informasi yang diperoleh, penyelesaian aset yang direkomendasikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kepada Bidang Aset, belum juga terselesaikan. Padahal, telah hampir setahun, Bidang Aset di Badan Keuangan Pemkab Minsel, menanganinya.
Diduga, sistem penyelesaian yang membingungkan, mempersulit sejumlah pejabat untuk menyelesaikan aset di Perangkat Daerahnya (PD). "Memang sedikit sulit untuk menyelesaikan aset, sebab, beberapa kali bidang aset melakukan perubahan pengisian data aset," aku sumber yang meminta namanya tidak dikorankan.
Kepala Bidang Aset, Badan Keuangan Daerah, Hendra Pandeynuwu ketika akan dikonfirmasi soal progres penyelesaian aset, enggan memberikan keterangan. "Tanya jo pa Kaban (Denny Kaawoan, red). Kalu Kaban prenta kase informasi pa ngoni (wartawan, red) baru kita bilang (Tanya saja sama Kaban. Kalau Kaban perintahkan beri informasi kepada kalian, baru saya katakan," kata Pandeynuwu dengan lantang, saat bersua dengan wartawan, beberapa waktu lalu.
Di tempat terpisah, Kepala Inspektorat Minsel, Adri Keintjem ketika ditanya soal lemahnya pengawasan dan penyelesaian temuan, serta aset, mengatakan, pihaknya telah bekerja maksimal. "Selama berminggu-minggu saya tidak tidur untuk melaksanakan pengawasan. Apalagi saat penyelesaian aset. Jadi kami sudah bekerja secara maksimal," tegas Keintjem.
Kinerja Bidang Aset memang sempat menuai sorotan. Pasalnya, penyelesaian aset oleh bidang ini dinilai terlalu lamban. "Kapan masalah aset akan selesai jika penanganannya lamban. Harus ada langkah yang strategis dan taktis, serta cepat, agar masalah aset terselesaikan. Jika penanganan aset lamban seperti ini, mustahil Pemkab Minsel bisa dapatkan opini WTP dari BPK RI," ketus Jerry Lumenta, pemerhati pemerintahan dan kemasyarakatan Minsel, Selasa (9/5) kemarin.
"Apapun yang disampaikan Bidang Aset dan Inspektorat, jika dalam minggu ini masalah aset dan temuan tidak selesai, jangan harap Minsel bisa dapatkan opini WTP. Opini WTP adalah bukti jika kedua bagian ini telah bekerja maksimal," imbuhnya.(SP)

Admin RMC , 5/10/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: