.

.
» » Empat Pilar Kebangsaan Sebagai Pedoman Kehidupan

SULUT, RedaksiManado.Com - Ketahanan nasional yang baik telah mewujudkan kondisi kehidupan masyarakat Sulawesi Utara yang aman, tertib, tenteram dan tenang. Hal itu disampaikan Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS yang diwakili Kepala Biro Pemerintahan Dr Jemmy Kumendong saat menyampaikan sambutan  dalam kegiatan Pelatihan Intelijen Aparat Pemerintah Daerah di Hotel Sutan Raja, Kamis (16/3/2017) malam.

"Karena itu, konsepsi ketahanan nasional itu harus dioperasionalisasikan serta disebarluaskan ke seluruh lapisan masyarakat sehingga diyakini kebenarannya dan dapat diimpelentasikan," katanya.
Dalam pelatihan yang diadakan Badan Keasatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulut ini, Sekdaprov mengatakan pemerintah daerah berperan untuk mengarahkan masyarakat Sulut untuk menjadikan empat pilar kebangsaan sebagai pedoman  dalam kehidupan.

"Masyarakat agar senantiasa menjadikan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tungga Ika sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," paparnya.
Sekdaprov juga mengatakan, pentingnya pola pikir masyarakat untuk saling menghormati meski memiliki berbagai perbedaan sehingga terhindar dari perpecahan. "Pemerintah daerah berperan untuk memelihara kesadaran masyarakat termasuk kesadaran hukum. Meski memiliki berbagai perbedaan, masyarakat harus saling mengormati dan menghargai antar umat beragama," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Kesbangpol Evans Steven Liow, S.Sos mengatakan, peserta pelatihan intelijen aparat pemerintah daerah setelah mengikuti pelatihan nantinya dapat berperan dalam pembangunan daerah. "Kita semua dipilih untuk menjadi aparatur yang berkontribusi dalam percepatan pembangunan di sulawesi utara," katanya.

Lebih lanjut, Liow berharap, perserta pelatihan dapat menyaring setiap informasi yang diterima dari masyarakat. "Menjadi intelijen daerah yang dapat mengelola informasi yang dapat dipercaya," bebernya.
Pelatihan turut dihadiri perwakilan dari Badan Intelijen Negara (BIN), Kejaksaan Tinggi (Kejati) dan Forum penanggulangan terorisme.  (Jak)

Admin RMC 3/17/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama