.

.
» » » » KPU Minahasa Akan Operasikan Rumah Pintar Pemilu

MINAHASA, RedaksiManado.Com ~ Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa segera mengoperasikan Rumah Pintar Pemilu.  Sarana khusus tempat sosialisasi tahapan dan proses Pemilu kepada masyarakat ini dijadwalkan diresmikan pada Jumat (24/2) mendatang.
Bangunan Rumah Pintar Pemilu tersebut, kini telah berdiri megah di samping Kantor KPU Minahasa, sisi Selatan kompleks Stadion Maesa Tondano yang merupakan program prioritas nasional KPU pusat
“Peresmian rumah pintar ini rencananya akan dilakukan hari Jumat, pekan ini,” kata Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Minahasa, Kristovorus Ngantung kepada wartawan di gedung Rumah Pintar KPU tersebut, Rabu (22/2), siang tadi.
Peresmian sarana sosialisasi Pemilu ini, lanjutnya, akan dihadiri oleh peserta sekolah Pemilu, komunitas peduli Pemilu Minahasa, rekan-rekan Pers dan semua mitra kerja KPU Minahasa, termasuk unsur Forkopimda.
Di Sulawesi Utara (Sulut), hanya ada tujuh Kabupaten Kota (yakni Minahasa, Minut, Bolmut, Manado, Bitung, Kotamobagu dan Tomohon), yang ditunjuk sebagai pelaksana program Rumah Pintar Pemilu. berdasarkan Surat KPU No.54/KPU/I/2017 tanggal 16 Januari 2017 perihal Pembentukan Rumah Pintar Pemilu
“Kami berharap sarana ini akan bemanfaat untuk menambah wawasan serta mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan Pilkada nanti,” ujar Ngantung.
Ditempat yang sama, Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon mengatakan, program Rumah Pintar Pemilu bertujuan untuk memberikan edukasi terkait hal-hal yang berkaitan dengan sukses penyelengaraan Pemilu.
“Desain bangunan berdasarkan panduan serta kreativitas KPU Minahasa. Konsep dasarnya memiliki tiga ruangan yang di dalamnya terdapat berbagai fasilitas seperti penayangan audio visual, perpustakaan mini, ruang diskusi, dan ruang simulasi. Intinya, semua properti berisi materi pengetahuan umum seputar Pemilu,” jelas Tinangon.
Tinangon juga menjelaskan kalau Rumah Pintar Pemilu akan menjadi sarana pendidikan pemilih yang juga sekaligus dapat mengembangkan wawasan masyarakat dalam berpolitik dan berdemokrasi.“Selain itu, fasilitas ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan penyelenggara Pemilu dalam membantu mengedukasi masyarakat akan pentingnya Pemilu,” jelasnya.
Tinangon yang juga aktivis pemuda ini berharap agar Rumah Pintar Pemilu nantinya  akan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya pemilih pemula, sehingga dapat mendongkrak tingkat partisipasi dalam Pemilihan Bupati 2018 mendatang.
“Kami menargetkan tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada Minahasa 2018 nanti minimal 85 persen,” ungkap Tinangon[Angel]

Admin RMC , , 2/23/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama