.

.
» » » Rp1 Triliun Lebih Dandes untuk 1.507 Desa di Sulut

Manado, RedaksiManado.Com– Pemerintah pusat mengucurkan Rp1, 161 triliun untuk 1.507 desa di Sulut sepanjang tahun 2017. Dana desa (Dandes) sebesar itu menurut Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pemprov Sulut, Mutu Mokoginta diperuntukkan untuk membangun desa demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ini komitmen pemerintah membangun Indonesia dari desa. Karena itu di setiap kesempatan kami mengingatkan supaya dana desa tersebut dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, jangan sampai salah sasaran,” kata Mokoginta kepada wartawan di Manado, Jumat (17/ 11/2017).

Putra mantan Wakil Gubernur Sulut, Abdulah Mokoginta ini meminta para kepala desa atau hukum tua untuk tidak takut dalam mengelola dana desa. “Semestinya tidak ada yang perlu digamangkan atau ditakutkan. Jika digunakan sesuai perencanaan, sasarannya tepat, tak akan ada masalah,” ucapnya.

Birokrat berpenampilan tenang ini bersyukur karena sejauh ini pemanfaatan dan pengelolanya di Sulut berjalan cukup baik. Ia pun berharap pendamping lokal desa (PKL) untuk melakukan pendampingan dengan baik sehingga semua dana sesuai peruntukkan.

“PKL diberi upah Rp2,6 juta per bulan. Ada PKL yang mendampingi dua sampai tiga desa,” ujarnya.

Sementara Koordinator PKL Sulut, Murpy Kuhu mengingatkan pihak lain untuk tidak mengintervensi pemanfaatan dana desa. “Biarkan masyarakat dan kepala desanya yang mengatur, mengelola dana desa itu sesuai kebutuhan,” katanya. (Jack)

Admin RMC , 11/17/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: