.

.
» » » Ke Kota Surabaya Komisi III DPRD Tomohon, Terkait Sampah Jadi Listrik

TOMOHON, RedaksiManado.Com — Setelah mengunjungi Balikpapan (TPA Manggar) Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon mengadakan kunjungan kerja (kunker) ke Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya , provinsi Jawa Timur, Jumat (03/11) 2017. Dengan Materi Pengelolaan Sampah menjadi Energi Baru Terbarukan.

Rombongan kunker kali ini Dipimpin Ketua Komisi III Ladys Turang, SE (Ketua Komisi) di dampingi oleh Syenni Supit (Wakil), Erens Kereh, AMKL (sekretaris), Dortje Mandagi (anggota), didampingi juga kadis lingkungan hidup Drs.O.D.S.Mandagi dan kadis tenaga kerja kota Tomohon Jeane Bolang,SH dan di terima oleh Kasi.Pemeliharaan Ibu Andini.K.

Turang Menjelaskan "Kunker ke Surabaya karena Pemerintah disini dalam hal ini Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya sudah melakukan pengolahan sampah di Tempat pembuangan akhir (TPA) Benowo menjadi listrik ( energi baru terbarukan) ternyata sudah menjadi percontohan cara pengolahan sampah di Indonesia, berdasarkan Perpres 18 Tahun 2016 tentang Percepatan pembangunan Listrik berbasis sampah"

sementara itu Andini membenarkan bahwa "Pengelolaan sampah menjadi energi listrik dilakukan sejak 2015. Proses pengolahan sampah menjadi listrik yang berjalan saat ini menggunakan sistem landfill Gas. Jadi, dari Sanitary Landfill, gas metan yang dihasilkan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik, dan sekarang sudah menghasilkan daya listrik sebesar 2 MegaWatt (Mw)” 

Dengan Kunker kali ini DPRD akan terus mendorong dan menopang pemkot Tomohon agar bisa mengelola sampah menjadi energi baru dan terbarukan agar bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar TPA sehingga pengurangan penggunaan listrik dan gas bisa dilaksanakan". Tutup Turang yang juga Bendahara Partai Golkar kota Tomohon ini

Kunker kali ini yang penuh kekeluargaan dan persahabatan diakhiri dengan foto bersama dan pertukaran cendramata. **(Nal04/11)

Admin RMC , 11/04/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: