.

.
» » » Berkomitmen Kuat Melindungi Perempuan dan Anak Kementerian PPPA Gelar Rakornas Satgas PPA

Jakarta,Redaksi Manado.Com~ Rapat Koordinasi Nasional Satuan Tugas Penanganan Masalah Perempuan dan Anak (Satgas PPA) diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Jakarta pada senin 31/7. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui tugas, fungsi, dan kendala yang dialami oleh Satgas PPA di lapangan sejak didirikan pada tahun 2016 hingga saat ini.

Menteri Yohana mengatakan “Satgas PPA adalah bagian dari upaya perlindungan anak dan perempuan yang dibentuk oleh Kemen PPPA untuk membantu tugas pemerintah, terutama untuk menjangkau kasus-kasus kekerasan pada perempuan dan anak di daerah yang semakin meningkat. Baik Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dan Dinas PPPA harus dapat bekerja sama dengan Satgas PPA", ujar Menteri Yohana.

Dalam Rakornas ini Menteri PPPA melakukan dialog dengan anggota Satgas PPA terkait apa saja kendala yang selama ini dialami di lapangan, diantaranya yaitu permasalahan koordinasi dengan pihak P2TP2A, Dinas PPPA, dan Pemerintah Daerah, serta permasalahan dana penjangkauan. "Dalam sehari, Satgas kami dapat menangani 5 kasus. Namun, usaha kami untuk menangani kasus tersebut seringkali terhambat karena kurangnya dana penjangkauan akibat kurangnya koordinasi dengan P2TP2A dan Dinas PPPA", ujar salah satu Anggota Satgas PPA dari Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kepala Biro Hukum dan Humas Kemen PPPA, Hasan, mengatakan masih terdapat koordinasi yang kurang baik antara Satgas PPPA, P2TP2A, dan Dinas PPPA di beberapa daerah. Hasan menilai, hal tersebut disebabkan karena adanya persepsi yang menganggap bahwa Satgas PPA akan menandingi tugas P2TP2A atau Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas PPPA), bahkan mengambil alih tugas Pemerintah Daerah dalam memberikan layanan serta menangani permasalahan perempuan dan anak di daerah. Padahal, sebenarnya peran Satgas PPA adalah untuk membantu kinerja P2TP2A dan Dinas PPPA dalam menjangkau dan mengidentifikasi perempuan dan anak korban kekerasan.

Dengan hasil Rapat Koordinasi Nasional ini Satgas PPA diharapkan dapat dijadikan sebagai dasar untuk perbaikan, pembelajaran, dan informasi bagi penyusunan perencanaan kebijakan dan pelaksanaan tugas Satgas PPPA. “Kemen PPPA akan mengadakan rapat terkait penyaluran Dana Penjangkauan yang selama ini hanya bisa dikoordinasikan hingga tingkat Provinsi dan  akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah terkait tugas, kedudukan, dan serta fungsi satgas PPA, dimana seharusnya Satgas PPA berperan dalam melakukan penjangkauan, identifikasi, perlindungan, dan pelayanan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan. Saya juga menghimbau kepada P2TP2A, Dinas PPPA, dan Pemerintah Daerah agar dapat memberikan bimbingan dan dapat bersiergi dengan Satgas PPA dalam menjalankan tugas penanganan masalah perempuan dan anak dengan baik di daerah demi melindungi perempuan dan anak di daerah", tutup Menteri .(TL/Abd)

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: