.

.
» » Menko Kemaritiman Bersama Gubernur Olly Kunjungi Sekretariat Regional CTI-EFF

SULUT, RedaksiManado.Com ~ Ketua Konas CTI -CFF Indonesia yang  di jabat  oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan bersama Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE mengunjungi Kantor Sekretariat Regional CTI CFF Manado jumat ( 07/04) kemarin.

Dalam kunjungan kali ini Menteri Luhut menegaskan kembali dukungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman  atas pentingnya upaya-upaya  nyata di lapangan terkait  konservasi kelautan , perikanan berkelanjutan dan ketahanan pangan yang dilakukan oleh organisasi  multilateral CTI -CFF dengan pembangunan ekonomi kemaritiman di indonesia.



" pada dasarnya tujuan kegiatan CTI -CFF kurang  lebih sejalan dengan program -program pembangunan ekonomi maritim kita, misalnya pengelolaan sampah dan pengurangan plastik debris serta pengembangan industri strategis bidang kemaritiman berkelanjutan" , terang Menko Luhut.

Ditambahkan Menko Luhut

isu yang menjadi sentral  di dunia adalah sampah dan  Indonesia negara urutan kedua penyumbang sampah setelah china,  lalu bagaimana memusnakan sampah pertama plastik dan non plastik
Plastik di bakar bisa menghasilkan listrik.


Dan hampir semua pelabuhan di indonesia  tidak bersih untuk itu musti diadakan  pembersihan setiap pelabuhan dan sungai - sungai  dan harus ada kesadaran mulai dari lingkungan kita sendiri,  tegas Menko Luhut


" perlu diingatkan kepada masyarakat indoneaia, Plastik di makan oleh ikan  ini bahaya untuk kesehatan kita terutama pada ibu-ibu hamil bisa menggangu janin yang di kandungan"  kata Menko Luhut.


Menko Luhut meminta Gubernur Olly untuk mensosialisasikan masalah kebersihan di gereja dan mesjid dan kepada masyarakat , bagaimana turis mau datang kalau lingkungan tidak bersih, turis destination bisa hancur , tutup Menko Luhut.


Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey  mengatakan memgenai masalah sampah dan penangananya pemerintah sulut telah mencanangkan gerakan Malendiong bersih bunaken, pembersihan Laut,  DAS  ( Daerah Aliran Sungai ) yang menjadi agenda rutin dari  pemerintah provinsi.


"Sekarang ini saya telah mengutus Wakil Gubernur  ke Denmark untuk mempelajari pengelolaaan sampah menjadi sumber energi yang ramah lingkungan".  Kata Gubernur Olly .


Sementara itu Direktur Eksekutif CTI-CFF Widi A Pratikto PhD menyambut baik kedatangan bersejarah Menko Luhut, yang baru pertama kali berkunjung di gedung sekretariat Regional CTI -CFF,  karena peran indonesia sangat penting di kawasan Segitiga Karang sebagai pendorong kegiiatan konservasi maupun kerjasama di bidang kelautan untuk perkembangan ekonomi kemaritiman berkelanjutan antar negara CTI-CFF, kata Widi.

" Hal lain yang  juga penting adalah komitmen indonesia dalam memerangi sampah plastik yang bermuara ke laut dan menjadi perhatian Menteri Luhut dalam kapasitas sebagai Ketua Konas CTI -CFF",  terang Widi.


Dalam konteks koordinasi ini sekretariat konas  telah melakukan upaya -upaya konsolidasi mengatasi masalah sampah plastik dalam bentuk program bersama hal ini mengingat 3 negara anggota CTI-CFF yaitu indonesia ,Filipina, Malaysia menjadi penyumbang sampah plastik yang signifikan menurut survey Jambeck (2015), kata Widi.



Sebagai koordinator di kawasan segitiga karang  Secretaiat Regional.CTI-CFF memiliki program yang di jalankan bersama  6 negara ( Indonesia, Malaysia,Filipina,Papua Nugini,Salmon Island dan Timor Leste ) diantaranya tata ruang laut, pengelolaaan perikanan, berbasis ekosistem, kawasan kinservasi pereiran, adaptasi perubahan iklim, dan perlindungan spesies terancam, tutup Widi.*(Jak)

Admin RMC 4/07/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: