.

.
» » Manfaat Labu Siam/Ketimun Jepang Bagi Kesehatan, Mengobati Ginjal Hingga Penurun Kolesterol

RMC - Labu siam adalah sayuran hijau yang sering digunakan sebagai bahan pokok suatu masakan. Sayuran yang memiliki nama latin Sechium edule berasal dari Meksiko dan telah dibudidayakan sejak zaman pra-Kolombia.ini memiliki rasa yang manis dan enak sehingga cocok di lidah masyarakat Indonesia.

Labu siam disebut labu jipang di Aceh, gambas atau waluh siam di Jawa (Sunda), waluh jipang di Jawa Tengah, manisah di Jawa Timur, dan ketimun jepang di Manado. memiliki kadar vitamin C yang tinggi, rendah kalori, rendah sodium, tidak mengandung kolesterol, dan merupakan sumber serat yang baik. Kandungan seratnya sekitar 1,7 gram per 100 gram daging buah. 
Pada buahnya juga terkandung senyawa saponin, alkaloid dan tanin. Berbagai kandungan nutrisi dan senyawa aktif tersebut baik untuk Kessehatan
Selain buahnya, daun labu siam juga dapat dikonsumsi. Daun tanaman ini mengandung saponin, flavonoid dan polifenol, ternyata sayuran yang satu ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Simak ulasan mengenai manfaat labu siam yang dikutip dari berbagai sumber berikut ini.


Mengobati Batu Ginjal
Manfaat labu siam yakni dapat mengobati batu ginjal. Batu ginjal sendiri merupakan sebuah gangguan kesehatan yang muncul sebagai akibat dari endapan keras pada saluran air kencing.

Penyakit ini membuat penderitanya dapat merasakan sakit dan nyeri pada saluran kencing ketika hendak buang air kecil. Kendati demikian kini Anda tidak perlu khawatir sebab dengan mengonsumsi labu siam, Anda dapat mengobati hingga mencegah terjadinya batu ginjal.

Mencegah Sembelit
Labu siam dapat mencegah sembelit yang mengganggu sistem pencernaan. Sebab, labu siam ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sayuran yang satu ini dapat mengatur sistem pencernaan Anda agar tetap sehat.

Saran konsumsi labu siam yang baik adalah hindari penggunaan minyak berlebih pada saat memasak sayuran sehat yang satu ini.

Menurunkan Berat Badan
Manfaat labu siam berikutnya yaitu ampuh menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Sayuran yang manis ini mengandung lemak dan kalori yang cukup rendah sehingga Anda dapat mengurangi penimbunan lemak di tubuh.

Kandungan inilah yang juga menyebabkan Anda kenyang lebih lama sehingga rasa lapar akan lebih dapat terkontrol.

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi
Manfaat labu siam berikutnya adalah dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan ini, mengonsumsi labu siam dapat menjadi sebuah solusi yang patut dicoba.

Labu siam ini dapat mengatur tekanan darah lantaran memiliki kandungan kalium yang berguna untuk menyeimbangkan efek natrium pada hipertensi.

Mengatasi Anemia
Manfaat labu siam yang kelima yakni dapat dikonsumsi untuk mengatasi anemia atau penyakit kekurangan darah. Tidak banyak diketahui, ternyata labu siam memiliki kandungan vitamin zat besi yang dapat membantu meningkatkan hemoglobin.

Hemoglobin ini kemudian bertugas untuk mengikat oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh sebagai bahan bakar agar tubuh mendapatkan energi.

Mencegah Kanker
Manfaat labu siam yang selanjutnya yaitu dapat mencegah kanker. Labu siam yang memiliki kandungan antioksidan flavonoid poli fenolik ini dapat mengikat radikal bebas yang membahayakan sel-sel tubuh.

Zat dan senyawa pada radikal bebas apabila masuk ke dalam tubuh dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Maka dari itu, mengonsumsi labu siam secara rutin merupakan salah satu langkah yang tepat guna mencegah penyakit kanker yang dapat mengancam nyawa.

Penangkal Radikal Bebas
Telah diketahui bahwa labu siam memiliki kandungan yang baik dan berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dengan mengikat radikal bebas. Manfaat labu siam yang satu ini tidak lain disebabkan oleh kandungan antioksidannya yang cukup tinggi.

Antioksidan ini berfungsi untuk mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Tidak hanya menyebabkan kanker, radikal bebas juga diklaim dapat menyebabkan kerusakan kulit seperti penuaan dini, kusam, dan lain sebagainya.

Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat labu siam lainnya yakni dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan homosistein yang berlebih di dalam jantung dapat ditekan dengan kandungan folat yang terdapat pada sayuran hijau yang satu ini.

Selain mengonsumsi labu siam secara rutin, ada baiknya agar selalu melakukan aktivitas fisik seperti olahraga agar kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik.

Menurunkan Kolesterol
Manfaat labu siam yang terakhir yakni sebagai penurun kolesterol jahat yang terkandung di dalam tubuh. Hal ini lantaran labu siam tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol jahat dan sedikit kalori.

Maka dari itu, menjadikan labu siam sebagai salah satu asupan makanan sehari-hari adalah pilihan yang tepat guna menjaga kadar kolesterol tetap di batas normal. Selain dengan mengonsumsi labu siam, pastikan pula agar selalu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. [IMK]

Redaksi Manado 2017 5/03/2020

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: