.

.
» » CSWL Buka Konsultasi Publik RKPD Tahun 2023, Secara Virtual


TOMOHON, RMC- Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH  membuka Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 di Command Center Mall Pelayanan Publik secara virtual. Kamis (24/2/2022).


Dalam sambutannya, Wali Kota Tomohon mengatakan, sebelumnya telah dilaksanakan tahapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan atau pendekatan yang dilakukan secara bottom up yang sudah dilaksanakan pada tanggal 17-28 Januari 2022.

”Termasuk e-pokir atau pokok-pokok pikiran DPRD yang juga sudah diinput dalam aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD),” kata wali kota.


Maksud penyelenggaraan konsultasi publik ini merupakan momen yang sangat strategis untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis serta untuk mendapatkan masukan dan saran guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Tomohon tahun 2023.


”Rancangan awal RKPD ini akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat kecamatan dan sebagai acuan penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah,” tambah wali kota.


RKPD mempunyai kedudukan yang strategis yaitu menjembatani perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan. Oleh sebab itu proses penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2023 dilakukan secara sistematis, terarah, terpadu dan tanggap terhadap perubahan dalam penyusunannya. Pemerintah daerah diwajibkan untuk menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah yang responsif, efektif, akuntabel, dan berkelanjutan. Sehingga pada periode terakhir RPJPD Kota Tomohon tahun 2005-2025 ini.


Wali kota berharap seluruh wilayah Kota Tomohon dapat berkembang menjadi lebih baik lagi. Karena RPJPD dilaksanakan dalam empat tahapan RPJMD dimana masing- masing tahapan telah memuat pula rumusan indikatif arahan prioritas kebijakan.


Sehingga pada tahapan periode RPJMD ini tentunya telah menetapkan Visi dan Misi serta program prioritas pembangunan yang sudah tertuang dalam Peraturan Daerah Kota Tomohon nomor 4 tahun 2021 tentang RPJMD Kota Tomohon tahun 2021- 2026.


Adapun Visi yaitu “Tomohon maju, berdaya saing, dan sejahtera”. Untuk Misi yaitu :


1. Menjaga dan melestarikan tomohon sebagai kota religius

2. Peningkatan kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor

3. Menjadikan tomohon sebagai kota wisata dunia

4. Memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan

5. Mewujudkan pelayanan pemerintah yang bersih, efektif dan berintegritas.


Rancangan tema pembangunan daerah Kota Tomohon yang dirumuskan pada rancangan awal RKPD Kota Tomohon tahun 2023 yang berpedoman pada RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 adalah “Peningkatan pembangunan infrastruktur berbasis pariwisata yang berwawasan lingkungan dan kualitas sdm serta pemulihan ekonomi”, dengan program prioritas pembangunan sebagai berikut :


1. Penguatan pilar pertumbuhan dan daya saing ekonomi

2. Pembangunan infrastruktur dan konektivitas

3. Peningkatan kesehatan masyarakat dan kualitas sdm

4. Mengurangi angka kemiskinan dan angka pengangguran

5. Meningkatkan pengelolaan pertanian dan ketahanan pangan

6. Penguatan kewirausahaan, umkm,ikm, dan koperasi

7. Pengarusutamaan penanggulangan bencana dan adaptasi perubahan iklim

8. Peningkatan pariwisata dan ekonomi kreatif

9. Peningkatan kualitas tata kelola dan pelayanan publik

10. Peningkatan tomohon smart city.


Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut SE juga memberikan materi tentang Isu Strategis Pembangunan Kota Tomohon, Pada Kesempatan ini juga Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME memberikan materi tentang Rancangan Awal RKPD Kota Tomohon Tahun 2023.


Konsultasi Publik Ini dihadiri juga oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Erens Kereh AMKL. (secara virtual),Kepala BAPPEDA Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi Fransisca Kaeng SP MSi, jajaran Pemerintah Kota Tomohon dan para Kepala Perangkat daerah (secara virtual) serta undangan lainnya. (***)



Cahaya Manado.co.id 2/25/2022

Penulis: Cahaya Manado.co.id

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: