.

.
» » Berbenah Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Lomba Tinjau Lokasi Embun Wanua Ure


Bitung, RedaksiManado.Com-Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban didampingi Kepala Dinas PUPR Bitung Ignatius Rudy Theno, meninjau lokasi Embung Wanua Ure, di Kabupaten Minahasa Utara, Selasa (7/5/19). 

Walikota menjelaskan bahwa, hal ini dilakukan dalam rangka melakukan studi banding agar dapat diaplikasikan di Kota Bitung.

Menurut Lomban, Kota Bitung saat ini sedang berbenah dalam berbagai hal dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan memaksimalkan berbagai potensi yang ada di Bitung.

“Pengembangan Pariwisata yang diperjuangkan beberapa waktu lalu kini telah membuahkan hasil yang baik, kini pemerintah akan menggenjot sektor pertanian, salah satunya adalah lewat studi banding ke sini,” ujar Lomban.

Dijelaskannya juga, ini merupakan upaya pemkot Bitung untuk mengembangkan sektor pertanian, dimana saat musim kemarau pasokan air ke lahan pertanian tetap tercukupi dan saat hujan deras volume air dapat diatur sehingga tidak merusak tanaman.

Sementara itu, Kadis PUPR Bitung Ruddy Theno menjelaskan, Embung atau cekungan penampung (Retention Basin) adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait (sungai, danau).

“Embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetika, hingga pengairan. Embung menampung air hujan di musim hujan dan lalu digunakan petani untuk mengairi lahan di musim kemarau, nah, keinginan pak Walikota Bitung adalah bagaimana hal ini bisa diaplikasikan di Bitung,” sebutnya. (Ical)

Richardo Pangalerang 5/07/2019

Penulis: Richardo Pangalerang

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: