.

.
» » Karouw :Hasil Pengembangan Tekhnologi Nuklir Mampu Kembangkan Dunia Pertanian

Tomohon,RedaksiManado.Com~BATAN(Badan Tenaga Nuklir Nasional) menggelar Sosialisasi hasil Litbang (Penelitian dan Pengembangan) dilaksanakan di Balai Kelurahan Wailan Kecamatan Tomohon Utara, selasa (5/3/19).

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Asisten Perekonomian Ir Djoike Karouw MSi saat membuka kegiatan,
Berharap melalui sosialisasi ini, Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon dapat menerapkan pemanfaatan teknologi nuklir hasil Penelitian dan Pengembangan Badan Tenaga Nuklir Nasional khususnya di bidang pertanian, sehingga masyarakat mendapatkan manfaat yang besar dari teknologi tersebut yang pada akhirnya dapat menciptakan kepercayaan masyarakat terhadap produk teknologi nuklir, guna mendorong peningkatan pengembangan dan penguasaan teknologi nuklir serta pemanfaatan produk hasil Litbang BATAN bidang pertanian di Kota Tomohon,ujar Karouw.

Deputi Kepala BATAN Bidang Teknologi Energi Nuklir Ir Suryantoro MT dalam kesempatan ini menjelaskan nuklir tidak hanya dikembangkan didunia militer, namun juga digunakan pada bidang peternakan, kesehatan, energi, dan bidang lainnya, dan untuk diketahui bahwa telah banyak hasil teknologi pemanfaatan nuklir untuk berbagai bidang namun belum diketahui oleh masyarakat umum,kata Deputi.

Seperti juga dalam bidang pertanian, melalui pemanfaatan nuklir, telah menghasilkan beragam varietas unggul tanaman pangan seperti kedelai, kacang hijau, sorgum, kacang tanah, gandum tropis. Bahkan untuk tanaman padi, pemanfaatan nuklir teknik mutasi radiasi yang berkontribusi pada lebih dari 10 persen unggul Nasional, telah menghasilakan 23 varietas.

Adapun manfaat dari pengembangan ini, yakni untuk meningkatkan Produksi tanaman padi menjadi unggul dan lebih unggul, sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian tanaman padi bagi para petani.

Dalam Kesempatan itu, pihak BATAN menyerahkan secara simbolis bantuan berupa benih kepada para perwakilan petani dari 5 kelurahan.Peserta dalam kegiatan tersebut, para kelompok tani dari kelurahan Kamasi 1, Wailan, Kayawu, Taratara, serta Kakaskasen.

Hadir dalam kegiatan, anggota komisi 7 DPR RI Bara Hasibuan Walewangko yang mengurusi energi, listrik, gas, pertambangan, lingkungan hidup dan teknologi, hadir pula Rektor UKIT Yopie Pengemanan SPd MM, Camat Tomohon Utara Ir Martine Mamesah MSi, Lurah Wailan Sidonia Kaparang SPd.**(abd3702)

EL 3/05/2019

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: