.

.
» » » » 3 Desember, Masyarakat Bisa Saksikan Supermoon

RedaksiManado.Com -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan, masyarakat Padang, Sumatera Barat, dapat menyaksikan supermoon atau bulan penuh yang berukuran besar pada 3 Desember 2017.

"Jika cuaca cerah, masyarakat bisa melihat bulan penuh dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya pada 3 Desember 2017 pukul 22.46 WIB," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang, Rahmat Triyono, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (2/12/2017).

Kemudian pada 4 Desember 2017 pukul 15.45 WIB, bulan akan berada pada jarak yang paling dekat dengan Bumi sepanjang tahun ini, yakni 357,49 kilometer.

Kategori Bulan yang masuk ke istilah supermoon yakni Bulan purnama yang jaraknya kurang dari 360.000 kilometer dari Bumi. Kedua kondisi itu merupakan fase purnama saat Bulan di perigee atau yang biasa dikenal dengan supermoon.

Menurutnya, jika masyarakat hendak melihat fenomena astronomi itu dengan baik, dianjurkan menggunakan teropong. "Namun dilihat dengan mata telanjang juga bisa," katanya.

Terjadi 3 Kali Setahun
Secara teknis, supermoon bisa terjadi tiga kali dalam setahun. Namun, yang terlihat pada 3 Desember 2017 nanti merupakan satu-satunya yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

Hal ini karena tiga supermoon sebelumnya bertepatan dengan fase Bulan baru.

BMKG Padang Panjang, kata dia, juga akan melakukan pengamatan saat terjadinya purnama perigeetersebut. "Kami akan menggunakan teropong untuk pengamatannya dan semoga cuaca cerah," kata Rahmat. (Tian)

Admin RMC , , 12/03/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: