.

.
» » » Minimalisir Kanker Serviks dan Payudara Pemkot Serta Kejari Tomohon Adakan IVA dan Sadanis

Tomohon,RedaksiManado.Com~Kejaksaan Tinggi Negeri Tomohon bersama Pemerintah Kota Tomohon menggelar kegiatan Inspeksi Visual Asam Asetate (IVA) dan pemeriksaan payudara klinis (Sadanis) di Aula JMS kompleks Kantor Kajari Tomohon, rabu (11/10/17).
Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengungkapkan kegiatan ini sangat penting untuk menunjang program Nasional menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker leher rahim dan kanker payudara, selain itu merupakan bagian dalam mewujudkan masyarakat hidup sehat dan berkualitas sesuai dengan tercapainya Nawacita kelima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia serta dalam rangka deteksi dini yakni wujudkan wanita Indonesia bebas kanker sebagai program Nasional dari Ibu Negara Iriana Joko widodo.
Eman menjelaskan target yang harus dicapai dalam pemeriksaan IVA di Kota Tomohon tahun 2017 adalah 30 % dari 14.540 atau berkisar 4.362 orang. "Namun sampai bulan september, baru 97 orang (2,2%) yang diperiksa dan ditemukan 12 orang dengan positif IVA (12,4%)", beber Eman didampingi Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan.
"Kepada para perempuan di Kota Tomohon, kami berharap agar dapat aktif memeriksakan diri sejak dini agar terhindar dari penyakit kanker leher rahim dan payudara", tutupnya.
Sementara itu ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Linda Mangihut Sinaga yang turut didampingi Kajati Sulut Mangihut Sinaga SH MH menjelaskan bahwa  kegiatan  ini sebagai bentuk deteksi dini akan kanker leher rahim dan payudara.
"Saya harap dengan adanya kegiatan sekaligus penjelasan akan penyakit ini, perempuan di Kota Tomohon dan pada umumnya akan terbebas dari penyakit ini" ucapnya.
"Penyakit ini memang sangat menakutkan, tetapi kalau secepatnya ditangani pasti akan memperoleh kesembuhan, apresiasi juga kepada pihak pemkot didalamnya dinas kesehatan serta unsur terkait yang terlibat dalam kegiatan yang disertai bakti sosial pencegahan dini penyakit kanker leher rahim dan payudara" tandasnya.
Sementara itu Kajari Kota Tomohon Muhammad Noor HK SH MH menguraikan selain kegiatan pemeriksaan IVA dan Sadanis Ikatan adhyaksa dharmakarini daerah Tomohon juga memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis, pelayanan KB gratis dan pelayanan hukum bagi ibu-ibu masyarakat Kota Tomohon.

Kesempatan itu dilakukan sosialisasi tentang penyakit kanker leher rahim dan payudara oleh dr Nova Wulur SPoG selaku ketua Ikatan Dokter Indonesia Kota Tomohon kepada  ratusan ibu-ibu dari 44 kelurahan didalamnya para kader kesehatan di Kota Tomohon.
Tampak hadir Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang bersama jajaran Pemkot Tomohon, serta jajaran Kajati Sulut dan Kajari Tomohon.(Abd15)

EL , 10/11/2017

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: