.

.
» » Tinungki Ingatkan Pentingnya Pengelolaan Air Tanah Di Sulut

SULUT, RedaksiManado.Com - Pengelolaan air tanah di Sulawesi Utara sangat diperlukan untuk menjaga ketersediaan dan kualitas air yang terdapat dalam lapisan tanah atau bebatuan di bawah permukaan tanah itu.

Hal itu disampaikan Gubernur Olly Dondokambey, SE dalam sambutan yang diwakili Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulut, Ir. Bach A. Tinungki, M.Eng pada rapat koordinasi identifikasi masalah penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) rencana pengelolaan air tanah yang dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas ESDM, Senin (28/8/2017) pagi.

"Air tanah memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang kehidupan masyarakat. Hampir bisa dikatakan bahwa tidak akan ada kehidupan dimuka bumi tanpa ada air," ujarnya

Disamping itu, dijelaskan Gubernur Olly, pengelolaan air tanah sangat erat kaitannya dengan keberlangsungan sektor pertanian di Sulut. "Pengelolaan air tanah memegang komposisi besar bagi pemenuhan kebutuhan pokok, serta pertumbuhan ekonomi Sulut," tandasnya.

Olly juga menyatakan, perlunya komitmen dari semua pihak untuk mengontrol dan mengawasi pemakaian air tanah di Sulut. Hal itu disebabkan oleh semakin pesatnya pertumbuhan penduduk Sulut dari waktu ke waktu sehingga jumlah konsumsi air tanah terus meningkat yang berpotensi menurunkan penurunan kualitas air tanah yang disebabkan oleh pencemaran lingkungan.

"Ini merupakan bentuk dukungan dan komitmen kita bersama untuk mengelola air tanah sebaik mungkin melalui perumusan danpenyempurnaan kebijakan yangdidasari olehkajian komprehensif dan sistematis termasuk penyusunan dokumen yang memuat ternuan-temuan evaluasi pengelolaan air tanah.

Lebih jauh, masih dalam sambutan, Olly mengajak seluruh peserta rapat untuk dapat memberikan perhatian dan tanggung jawab optimal untuk menyusun KLHS Perda Air Tanah ini. "Ikutilah dengan sebaik mungkin sehingga tercipta sebuah kebijakan yang benar-benar bermutu dan mampu menjawab kebutuhan air tanah secara berkelanjutan," imbuhnya.
Adapun pertemuan itu, turut dihadiri akademisi dan perwakilan dari sejumlah instansi terkait dengan pengelolaan air tanah. (Jack)

Admin RMC 8/28/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: