.

.
» » » Eman Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Tomohon Pertegas Komitmen Saya Indonesia, Saya Pancasila

TOMOHON, RedaksiManado.Com - Pertama kalinya, sejak ditetapkan oleh Presiden Jokowi tahun lalu, hari ini Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2017. Berbagai elemen pemerintahan tentunya menggelar upacara peringatan sebagai bentuk kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan ideologi negara, Pancasila.

Jajaran Pemerintahan Kota Tomohon juga hari ini menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin langsung oleh Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak di Lapangan Kantor Walikota Tomohon, Kamis (1/6)

Dalam sambutan Presiden RI yang di bacakan oleh Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dikatakan bahwa Pancasila  merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal l Juni 1945 yang dipidatokan lr Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945,  dan  rumusan final Pancasila  tanggal  18 Agustus 1945. Adalah jiwa  besar parafounding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga  kita  bisa  membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan  kita.
Selain itu, harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Keberagaman yang dimana berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia, atau yang biasa dikenal dengan Bhinneka Tunggal Ika.

Namun, saat ini kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan atau Kebinekaan kita sedang diuji, Olehnya itu, saya mengajak peran aktif para ulama, Ustadz, Pendeta, Pastor, Bhiksu, Pedanda, Tokoh Masyarakat, Pendidik, Pelaku Seni, Pelaku Media, Jajaran Birokrasi, TNI dan POLRI serta seluruh komponen masyarakat untuk  menjaga Pancasila.

Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan di antara kita dengan bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. “Untuk itu mari saling bahu mambahu, bergotong royong demi  kemajuan  lndonesia. Kita Indonesia, Kita Pancasila, semua anda Pancasila, Saya Indonesia, Saya Pancasila, Tomohon Tangguh”. Tutup Eman.

Masih dalam rangkaian kegiatan yang sama dilanjutkan dengan penyerah Surat Keputusan Kenaikan Pangkat oleh Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak kepada  para penerima yang berjumlah 59 orang. Juga dilanjutkan dengan foto bersama.

Hadir juga Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK, Wakapolres Tomohon Kompol Dewa Made Paleuna SH SIK, Dandim 1302 diwakili Danramil Tomohon Kapten Inf Feky Welang, Kejari Tomohon diwakili Kasubagbin Kejari Tomohon Anita Kulla SH, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc, seluruh jajaran Pemerintah Kota Tomohon dan para peserta upacara. (Abd)

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: