.

.
» » » Bupati Yasti Tutup Sementara Kegiatan PT Conch

BOLMONG, RedaksiManado.Com – Sering berulah, akhirnya perusahaan semen PT Conch North Sulawesi Cement direkomendasi oleh Pemda Bolmong untuk tidak lagi beroperasi atau ditutup.
Hal itu disampaikan Bupati saat rapat bersama manajemen PT Conch North Sulawesi Cement, PT Sulenco Bohusami Cement dan perangkat daerah terkait seperti Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu, Disperindag dan para Asisten. “Karena tidak memiliki ijin maka saya tutup. Tidak boleh ada kegiatan apa pun sampai perijinan dilengkapi,” tegas Yasti.
Sebagai tindak lanjut, Rabu 31 Mei 2017, Bupati akan melayangkan surat ke Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan pihak kepolisian. “Hari ini saya akan kirimkan surat ke Gubernur dan pihak kepolisian,” kata Yasti.
Keberadaan pabrik semen ini, pengusaha untung, rakyat buntung. Perusahaan Sulenco ini tak ada izin, sudah satu tahun beroperasi. Kalau pemerintah diam, dikira sudah kena sogok. Yasti membeberkan, ada 400 tenaga kerja luar yang didominasi warga Cina yang bekerja di perusahaan ini. Sementara warga lokal yang bekerja menjadi kuli kasar hanya 200 orang.
“Kalau investasi, 90 persen pekerja itu harus warga lokal. Jangan mereka hanya menumpang di tanah kita, dia menang dan kita  yang rugi. Harus ada win-win solution,” jelasnya.
“Silakan setor resmi Rp 250 miliar kalau mau. Katanya investasi perusahaan ini Rp 5 triliun dan itu bohong. Potensi semen di situ hanya berapa, potensinya itu Rp 500 miliar,” ungkap Yasti.
Dalam berinvestasi, jika mengurus dengan benar pasti akan didukung Pemkab Bolmong. Dalam prinsip investasi, 90 persen pekerja kasar harus dari Mongondow. “Royalti jelas, CSR jelas. Akan buat aturan setor lewat APBD. Perusahaan janji ke masyarakat, kami yang laksanakan lewat APBD,” pungkasnya. (LW)
 

Redaksi Manado 2017 , 6/01/2017

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: