.

.
» » Dinkes Talaud Launching Gerakan Ketuk 100.000 Pintu Di Desa Sawang

Talaud, RedaksiManado.Com ~ Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud dr. Kerry Monangin, MM yang diwakili Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Fransina Awaeh, M.Kes membuka secara resmi kegiatan Gerakan Ketuk 100.000 Pintu dalam rangka memperingati hari TB sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret 2017, yang mengangkat tema 'Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia Bebas Tuberkulosis'.

"Kegiatan ini dilakukan oleh petugas Puskesmas bersama kader kesehatam setempat serta melibatkan seluruh stakeholder yang ada di desa untuk mengidentifikasi penderita TB," kata Awaeh dalam sambutannya, Senin (13/03).

Ditambahkan penyakit yang dikenal masyarakat dengan sebutan TBC ini dapat dicegah dan diobati. Karenanya diminta kesadaran masyarakat agar intensif memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat apabilah merasakan gejala penyakit TB seperti bantuk berdahak lebih dari dua minggu, terjadi sesak nafas, sakit dibagian dada, menurunya nafsu makan dan sering keringatan pada malam hari.

"Pemerintah telah menyediakan obat secara gratis bagi penderita TB jadi jangan merasa minder dengan penyakit menular ini karena sangat berbahaya bilah tidak diobati," jelas Awaeh.

Turut hadir dalam acara tersebut Danramil 1301-18/Melonguane Serma Deydi Kanakan, Kapus Melonguane dr. Jois Manurip, Kades Sawang Patman Tahulending, Kades Sawang Utara Muliadi Maratade, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat.

Setelah acara selesai seluruh petugas kesehatan dari Puskesmas Melonguane bersama kader kesehatan setempat yang hadir langsung melakukan pendataan serta pengobatan bagi masyarakat yang positip atau memiliki gejala penyakit Tuberkulosis.(SS)

Redaksi Manado 2017 3/14/2017

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama