.

.
» » NATO Siagakan Ratusan Ribu Pasukan Untuk Hadapi Rusia


RedaksiManado.Com
- Ketegangan dunia kian nyata, ancaman perang dunia ketiga sudah didepan mata walaupun terus diredam oleh berbagai pihak yang ingin kedamaian.

Serangan Rusia ke Ukraina telah memicu berbagai respons dari sejumlah negara karena dianggap melanggar amnesti internasional dan perdamaian dunia. Hal ini juga berlaku bagi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang telah menyiagakan sejumlah pasukan di perbatasan Ukraina.

Sejak serangan Rusia pada 24 Februari lalu, NATO telah menyiagakan 140.000 tentara di sekitar Ukraina dan memobilisasi berbagai peralatan militer canggih.

Jumlah tentara itu terdiri dari 100.000 tentara Amerika Serikat (AS) yang ditempatkan di Eropa dan 40.000 tentara yang langsung berada di bawah komando NATO.

Mengutip CNBC International, Senin (21/3/2022), pasukan NATO telah dikerahkan ke negara-negara aliansi yang berbatasan langsung dengan Ukraina. Adapun, hingga saat ini belum ada pertempuran langsung yang melibatkan NATO.

Nato yang memiliki lebih dari 140 kapal perang dan 130 pesawat dalam posisi siaga tinggi telah memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa setiap serangan ke negara NATO akan dianggap sebagai serangan terhadap NATO secara keseluruhan.

Inggris menyatakan siap mengirimkan jet-jet Typhoon milik Angkatan Udara atau Royal Air Force ke Romania, Jerman dan Prancis sudah memberikan bantuan peralatan militer untuk mendukung ukraina dalam mempertahankan negaranya dari invasi rusia

Adapun, Ukraina yang tengah berusaha bergabung dengan NATO sejak 2022 wilayahnya berbatasan langsung dengan empat negara NATO, yakni Polandia, Slovakia, Hungaria, dan Rumania. Polandia saat ini menampung sebagian besar pasukan NATO.

Sebelumnya, NATO diminta turun langsung dalam perang Rusia-Ukraina jika pemerintahan Presiden Vladimir Putin mengerahkan senjata pemusnah massal.

Hal ini diutarakan Estonia, negara NATO di Eropa Timur. Pernyataan langsung diberikan Kepala Angkatan Pertahanan Estonia Letnan Jenderal Martin Herem dalam wawancara dengan CNBC International. **(16)

Admin RMC 3/21/2022

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: