.

.
» » » Daftar 10 Negara Terbersih di Dunia 2022

RedaksiManado.Com
- Hidup di sebuah lingkungan yang bersih tentu menjadi dambaan banyak orang. Sebab ini bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan serta harapan hidup masyarakat.

Banyak faktor yang menjadi indikator kebersihan, mulai dari air bersih, kemurnian udara, penanganan limbah, hingga sanitasi, yang kesemuanya bisa meningkatkan kesehatan. Misalnya, negara dengan kualitas udara terbaik mengurangi kemungkinan warganya terkena partikel berbahaya yang bisa menyebabkan sejumlah penyakit.

Para peneliti dari tiga lembaga di atas berusaha mengukur tingkat kebersihan dari 180 negara di dunia. Hasilnya dikeluarkan dalam Indeks Kinerja Lingkungan (EPI). EPI mengukur 32 indikator, mulai dari kualitas udara, sanitasi, hingga keanekaragaman hayati dan habitatnya.

Denmark tercatat sebagai negara terbersih dan paling ramah lingkungan dengan total skor mencapai 82,5.

Berikut daftar negara terbersih di dunia tahun 2022 berdasarkan Indeks Kinerja Lingkungan (EPI), mengutip laman World Population Review.

1. Denmark
Dengan total skor 82,5, Denmark memiliki beberapa kebijakan yang paling komprehensif, khususnya urusan mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim. Selain itu, Denmark juga fokus meningkatkan jumlah hotel ramah lingkungan, perahu bertenaga surya, dan makanan organik.

2. Luksemburg
Berada di bawah Denmark, Luksemburg memiliki total skor 82,3. Luksemburg sendiri merupakan negara kecil dengan populasi yang kurang dari 600 ribu jiwa. Sebagian besar kawasan Luksemburg dipenuhi oleh kawasan pedesaan dengan hutan yang lebat.

3. Swiss
Swiss memiliki total skor 81,5, yang tertinggi ditemukan pada sektor air minum dan sanitasi. Swiss memang dikenal dengan air bersih dan satwa liarnya yang melimpah.

4. Inggris Raya
Dengan total skor 81,3, Inggris memiliki keunggulan untuk urusan air minum, sanitasi, dan emisi.

5. Prancis
Berada di posisi ke-5, Prancis mendapatkan total skor EPI 80. Meski dikenal sebagai negara industri, namun 80 persen energinya berasal dari tenaga nuklir yang secara signifikan mengurangi emisi karbon.

6. Austria
Dengan skor EPI 79,6, Austria dikenal dengan udara yang murni dan pengelolaan limbah yang baik. Tak hanya itu, sekitar dua pertiga Austria juga dipenuhi oleh hutan yang lebat dan padang rumput.

7. Finlandia
Finlandia mencapai nilai yang tinggi dalam beberapa indikator di antaranya kualitas udara dan sanitasi. Hal ini membuat Finlandia mendapatkan skor EPI 78,9. Tak hanya itu, Finlandia juga dikenal kerap memprioritaskan konservasi hutan dan satwa liar.

8. Swedia
Swedia dikenal karena memiliki udara terbersih kedua di dunia. Negara ini fokus pada konsep keberlanjutan, yang dikenal karena emisi karbon dioksidanya yang rendah. Dengan skor 78,7, Swedia telah fokus pada pelestarian alam dan meningkatkan penghijauan di seluruh negeri.

9. Norwegia
Norwegia memiliki skor yang tinggi pada indikator sanitasi dan air serta kualitas udara. Norwegia juga dikenal dengan kesehatan lingkungannya yang terjaga. Dengan demikian, Norwegia mendapatkan skor EPI 77,7.

10. Jerman
Jerman adalah negara terbersih di dunia ke-10 dengan skor EPI mencapai 77,2. Negara ini mendapatkan nilai tinggi pada indikator sanitasi dan keanekaragaman hayati.

Sementara itu, Indonesia berada di posisi 117 dengan skor EPI yang hanya mencapai 37,8 bersamaan dengan Honduras. **(Cb)

Admin RMC , 3/20/2022

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: