.

.
» » Lolowang Tutup Kegiatan Pelatihan Teknologi Budidaya Krisan

 Tomohon,RedaksiManado.com~Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA diwakili Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang MSc, menutup kegiatan pelatihan teknologi budidaya Krisan berbasis Good Agriculture Practices (GAP) dan pelatihan kultur jaringan Krisan Kota Tomohon, yang dilaksanakan di Show Window Kakaskasen Kecamatan Tomohon Utara, Jumat (20/11/20). Untuk diketahui pelatihan ini dilaksanakan selama 5 hari (16 – 20 November 2020).

 

Kegiatan diselenggarakan atas kerjasama Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian, Badan Litbang Pertanian dalam hal ini Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi (BPTP) Sulawesi Utara, dan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon.

 

Kepala Puslitbang (Pusat Penelitian dan Pengembangan) Hortikultura Dr Ir M Taufiq Ratule MSi menjelaskan kegiatan ini memiliki beberapa tujuan diantaranya untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) baik petani maupun penyuluh.

 

Menginisiasi penerapan Good Agricultural Practices (GAP) dan kemandirian benih dalam rangka menghasilkan produk berkualitas sesuai standar ekspor.

 

Sekretaris Kota Tomohon saat menutup kegiatan menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini pihak Kementerian Pertanian yang telah memberikan perhatian untuk Kota Tomohon, dalam pengembangan varietas unggul krisan melalui pelatihan teknologi budidaya dan pelatihan kultur jaringan krisan.

 

“Dengan adanya pelatihan ini berharap para petani akan dapat memperoleh pengetahuan lebih dalam memaksimalkan budidaya krisan, sehingga kedepan bukan tidak mungkin Tomohon akan menjadi pengekspor krisan sampai ke luar negeri,” kata Lolowang.

 

Peserta dalam kegiatan ini, petugas dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon, para penyuluh dari BPTP Sulawesi Utara, dan para petani pelaku usaha tanaman hias krisan Tomohon.

 

Diakhir kegiatan dilakukan penyerahan sertifikat secara simbolis dari pihak Puslitbang bersama Sekretaris Kota didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Steven Waworuntu SSTP kepada para peserta pelatihan.

 

Narasumber dalam pelatihan tersebut dari Tim Balithi (Balai Penelitian Tanaman Hias) Dr Dedeh Kurniqsih SP MSi, Dr Kurnia Yuniarto MP, Dr Herni Shintia Vira SP MSi.

 

Hadir dalam kegiatan, Gema Putra Perdana Setiawan SH mewakili staf khusus Menteri Pertanian, Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias Dr Ir Rudy Soehendi MP, Kepala BPTP Provinsi Sulut Dr Steivie Karouw STP MSc, Ketua Asosiasi Bunga Indonesia (Asbindo) Kota Tomohon Piet H K Pungus. (R26)

EL 11/20/2020

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: