.

.
» » » Pimpinan DPRD Tomohon Ikut Rakor Lewat Vidcon Bersama 3 Menteri

TOMOHON, RMC - Bertempat di command centre mall pelayanan publik Kabasaran Tomohon, Ketua DPRD Kota Tomohon Ketua DPRD Kota Tomohon bersama wakil Ketua Caroll Senduk, SH dan Erens Kereh AMKL mengikuti Rakor lewat video conference (vidcon) yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jumat (17/04). terkait Refocusing dan Relokasi pada APBD tahun 2020.
 
Dalam arahan Mendagri Tito Karnavian dan Menkeu Sri Mulyani dan Menteri sosial
Juliari P Batubara menekankan bahwa krisis Covid-19 sudah melanda semua negara (208 negara sudah terpapar). Krisis pandemi sekarang ini merupakan krisis pandemi yang terluas dalam sejarah umat manusia. Indonesia mengalami masalah kesehatan yang bertimbal balik dengan masalah ekonomi di dunia. Oleh karena itu strategi utama adalah mengutamakan kesehatan publik, tapi juga menjaga ekonomi jangan sampai jatuh terlalu dalam.

Selaku pembina pemerintahan daerah, Mendagri sudah mengeluarkan Permendagri Nomer 20 tahun 2020 yang memberikan kewenangan kepada Kepala Daerah untuk melakukan realokasi anggaran. Kemendagri juga telah mengeluarkan Intruksi Mendagri nomor 1 tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Lingkungan Pemerintah Daerah. 
Ada beberapa penekanan yang disampaikan dalam Intruksi Mendagri ini yaitu melakukan percepatan penggunaan alokasi anggaran kegiatan tertentu (refocusing) dan perubahan alokasi anggaran untuk meningkatkan kapasitas yang difokuskan pada penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi dan penyediaan jaring pengamanan sosial/social safety net. 
" Sebagai wakil rakyat kami sangat mendukung penanganan covid-19 secara menyeluruh Di Kota Tomohon baik itu pergeseran anggaran berdasarkan Surat Edaran (SE) bersama Menkeu dan Mendagri maupun tindakan-tindakan stategis lainnya."  Ujar sundah
"saya berharap Pemkot Tomohon untuk mempercepat penganan covid 19 khususnya dalam penyediaan APD yang harus menjangkau seluruh fasilitas kesehatan pemerintah maupun swasta yang ada di kota Tomohon dan penyaluran jaringan pengaman sosial" Tutupnya 
Hadir juga di command centre Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, MSc, Kadis Kominfo, Novi Politon, SE, Kabag Hukum Setda Kot Denny Mangudap, SH serta para staf,**(Nal)

Redaksi Manado 2017 , 4/17/2020

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: