.

.
» » » Cegah Penyebaran COVID-19,Ini Himbauan Walikota Tomohon

Tomohon,RedaksiManado.Com~Walikota Tomohon Jimmy F.EmanSEAK.CA,terkait COVID-19(Virus Corona),menginstruksikan kepada para Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah untuk mensosialisasikan, baik di SKPD masing-masing maupun di acara masyarakat/rukun/acara pernikahan/ syukuran HUT dan kegiatan di tempat-tempat ibadah untuk mengganti jabat tangan/kontak langsung dengan salam jarak jauh yakni dengan menangkupkan kedua tangan di dada masing-masing.

Dibawah ini adalah himbauan dari pemkot Tomohon:
-Sebelum dan sesudah ibadah di gereja/masjid atau acara ibadah umat agama lainnya, dianjurkan tidak bersalaman kontak jabat tangan langsung tetapi dengan salam jarak jauh antara sesama jemaat dengan Pendeta.Jika ada jemaat yang suspect virus maka, dikuatirkan telapak tangan akan jadi media multiplikasi virus corona tersebut.

-Dalam acara pernikahan, hut, ucapan syukur, dll, dianjurkan tidak ada lagi jabat tangan kontak langsung dan juga memerlukan waktu lebih dari satu jam untuk mengantri. Dalam antrian yang padat oleh karena para tamu yang berjubel saling berdekatan maka jika ada tamu pesta yg suspect virus maka virus bisa melompat dari orang tersebut ke orang lain yang semula sehat.Dianjurkan budaya antrian tersebut. untuk diganti dengan kegiatan para pengantin dan ortu pengantin yang justru berjalan berkeliling mengunjungi para tamu yang sedang menikmati santapan di meja masing-masing.Para pengantin dan orang tua dihimbau melakukan salam jarak jauh sambil berkeliling,jadi para tamu tidak lagi akan berdesakan antri untuk jabat tangan kontak langsung yang perlu waktu lama dan berpeluang virus menyebar. Sesudah pengantin berkeliling di meja tertentu, tamu sudah bisa pulang atau tunggu tergqntung yang berdangkutan.

-Kepada para pejabat,camat, lurah dan kepala lingkungan agar mensosialisasikan himbauan ini kepada pimpinan gereja/masjid/vihara, tokoh2 masyarakat, para MC acara dan semua lapisan masyarakat.Kepada seluruh masyarakat diharapkan untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan makan makanan bergizi.

-Himbauan juga disampaikan kepada para orang tua peserta didik jenjang PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SKB, PKBM, LKP yang melaksanakan pembelajaran mandiri di rumah, agar tidak memanfaatkan waktu untuk berwisata, ke mall, tempat bermain atau tempat keramaian lainnya.Orang tua jangan membawa anak-anak ke tempat-tempat keramaian seperti mall, pertokoan dan tempat umum lainnya.

-Tempat-tempat pelayanan umum dan tempat keramaian seperti pasar, supermarket, kantor, tempat ibadah, tempat bermain, taman, agar menyediakan hand sanitizer atau tempat cuci tangan.

Masyarakat kota Tomohon diharapkan pula agar tidak perlu panik namun tetap waspada, dan secara bergotong royong bersama pemerintah melakukan upaya-upaya antisipasi dan penanganan penyebaran virus COVID 19.

- Masyarakat agar mengikuti terus perkembangan informasi tentang COVID 19 melalui media yang ada sambil terus waspada terhadap hoax, serta memperhatikan setiap himbauan baik dari pemerintah pusat, oemerintah daerah maupun instansi teknis lainnya untuk dilaksanakan.**(Abd5002)

EL , 3/17/2020

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: