.

.
» » » » Kemenkes RI Bersama JICA Gelar International Training Program di Tomohon

Tomohon,RedaksiManado.Com~Dalam rangka meningkatkan pembelajaran tentang penerapan Buku KIA di Indonesia, penerapan di tingkat masyarakat, fasilitas kesehatan dasar dan rujukan,kementerian Kesehatan RI bekerjasama dengan Japan Internasional Cooperation Agency(JICA) menggelar International Training Program(ITP) bertempat di Hotel Villa Emitta Tomohon Selasa 17 September 2019.

Kegiatan yang mengambil tema "The Strengthening of Child Health Handbook Implementation in Collaboration with Professional Organization" diawali dengan laporan Panitia Penyelenggara International Training Program Ibu dr. Ni Made Niah, MKM.

Walikota Tomohon Jimmy Eman SE Ak CA yang turut hadir,dalam sambutannya 

Mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang telah menerapkan Kota Tomohon sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan ini sekaligus tempat lokasi kunjungan lapangan bagi peserta untuk melihat dan belajar bagaimana implementasi penggunaan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di fasilitas kesehatan yaitu di puskesmas dan rumah sakit serta di posyandu,kata Eman.

Melalui ITP ini juga Walikota berharap kiranya dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan dan metode pembelajaran bersama sebagaimana untuk memperkuat pelayanan kesehatan ibu dan anak melalui pemanfaatan buku KIA,serta para peserta mendapatkan pembelajaran menjalin kolaborasi dengan organisasi profesi atau stakeholder terkait Buku KIA.

Diketahui International training program on MCH Handbook diselenggarakan setiap tahun, sejak tahun 2008, hingga tahun ini telah 11 kali menjadi tuan rumah dengan peserta dari 15 negara. ITP diselenggarakan atas dukungan JICA kepada Pemerintah Indonesia, yang ditunjuk menjadi tuan rumah karena telah berhasil mengintegrasikan Buku KIA ke dalam program nasional.

Dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, M.Sc. Perwakilan Kementerian Kesehatan RI Ibu dr. Ni Made Diah, MKM., Perwakilan Kementerian Sekretariat Negara RI Bapak Egi Dilianda, Perwakilan JICA Headquarter Japan Ms. Keiko Osaki, JICA MHC Project Indonesia Ms. Aya Hasegawa, Perwakilan negara Afghanistan, Kamboja, Laos dan Tajikistan, Perwakilan Provinsi Banten, Jawa Tengah dan Sulawesi Utara.**(Abd0609)

EL , , 9/18/2019

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: