.

.
» » » Pemkot Tomohon Gelar Kegiatan Peningkatan Pengetahuan Germas Bagi Siswa SD

Tomohon,RedaksiManado.Com~Menyikapi perubahan pola penyakit yang disebabkan berubahnya perilaku manusia,serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat ,Dinas kesehatan Kota Tomohon menggelar kegiatan Peningkatan Pengetahuan Germas bagi Siswa Sekolah Dasar di Kota Tomohon yang dilaksanakan di Aula Tulip Inn Tomohon, 27/3/18.

Walikota Tomohon dalam sambutannya yang dibacakan oleh sekretaris Daerah mengatakan bahwa dalam 30 tahun terakhir ini terjadi perubahan pola penyakit yang disebabkan berubahnya perilaku manusia. Pada era 90an penyebab kematian dan kesakitan terbesar adalah penyakit menular seperti ISPA, TB, diare, dll. Dan sejak tahun 2010 penyebab kesakitan dan kematian adalah penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, kencing manis. 
“Penyakit ini menyerang tidak hanya usia tua tapi juga di usia muda. Hal ini disebabkan masyarkat semakin maju, informasi dan transportasi yang semakin mudah dan merubah gaya hidup masyarakat.” Ujar Lolowang.

Sekot Lolowang menambahkan, perubahan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa. “Untuk itu, gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.” Tambahnya.
Dan sebagai tindak lanjut Inpres nomor 1 tahun 2017, Walikota Tomohon juga telah menandatangani surat edaran Walikota Tomohon nomor 135/WKT/VII-2017 tanggal 28 Juli 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang harus dilaksanakan oleh setiap masyarakat di kota tomohon, termasuk anak-anak sekolah diharapkan dapat menerapkan Germas di sekolah masing-masing.

Sebelumnya, Kadis Kesehatan Kota Tomohon dr. Deesje Liuw, M. Biomed dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup.

Hadir dalam kegiatan ini selaku narasumber Kadis Dikda Kota Tomohon Dr. Juliana Karwur, M.Kes, M.Si, Sekdis Kesehatan Djonni Kereh, M.Kes jajaran pemkot Tomohon serta para guru dan siswa SD se kota Tomohon.**(abd2503)

EL , 3/27/2018

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: