.

.
» » PD Pasar Tomohon Mulai Produksi Es Balok


~Masyarakat kota Tomohon saat ini patut berbangga,khususnya para pedagang ikan mentah ataupun masyarakat
Yang selama ini bingung untuk mencari kebutuhan akan es balok.setelah sekian lama mandeg dan dilakukan maintanance, pabrik yang berada di sekitar kawasan Pasar Beriman Tomohon ini dapat dioperasikan lagi, meski kapasitas produksinya baru 60 balok perhari.

“Kami merencanakan akan ditingkatkan sampai 200 balok per hari, tentu dengan menambah peralatan yang dibutuhkan,” kata Direktur Utama (Dirut) PD Pasar James Rotikan kepada wartawan, Jumat (06/10/2017).

Saat meninjau pabrik,rotikan mengatakan, produksi es batu ini  tak lain untuk membantu dan mempermudah para pedagang ikan  di Pasar Tomohon agar lebih mudah mendapatkan es untuk mengawetkan ikan.

Selama ini Para pedagang ikan, mengeluh kesulitan mendapatkan es untuk menjaga ikan dagangan mereka agar tetap fresh dan bisa laku terjual dengan harga di atas harga pokok pembelian ketika pabrik es balok tidak berproduksi beberapa waktu lalu.
Letak pabrik yang hanya berada di sekitar  pasar juga sangat membantu pedagang, bukan cuma pedagang ikan di Pasar Tomohon tetapi juga pedagang dari luar Kota multy dimensi ini.

“Tak hanya untuk pedagang ikan pasar Tomohon yang membeli es balok di pabrik ini adapun yang dari luar,bahkan pihak kami telah menghubungi beberapa perusahan di luar daerah untuk menggunakan es balok produksi PD pasar Tomohon ini
” lanjutnya.

Rorikan menambahkan, kehadiran Pabrik Es Balok ini juga berdampak pada penerimaan PD Pasar.
“Harga per balok kami jual 20 ribu (rupiah). Dalam tiga minggu awal beroperasinya pabrik ini sudah menghasilkan pendapatan sekitar 15 juta,” ujarnya, sambil mengungkapkan kebanggaannya karena berdampak positif bagi bagi pedagang ikan maupun penerimaan PD Pasar untuk menunjang berbagai program kedepan Pemkot Tomohon.

Menurut penuturan beberapa pedagang ikan mengaku usaha mereka sangat terbantukan dengan berproduksinya kembali pabrik tersebut. “Tentu sangat membantu sekali kami pedagang. Selain berada di dekat sini, harganya pun relatif murah di banding yang dijual pihak swasta,” komentar Jantje, Jemmy dan Meity, pedagang ikan yang ditemui terpisah,(Abd)

EL 10/07/2017

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: