.

.
» » » Dinkes Tomohon Bina Siswa dan Guru SMP Untuk Tingkatkan Peran UKS

TOMOHON, RedaksiManado.Com - Dalam peningkatan peranan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) perlu sekali dilakukan pembinaan secara terpadu dan terarah kepada penanggungjawab UKS dan para siswa di sekolah agar tercipta peserta didik yang sehat dan cerdas.

Untuk itu Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon melakukan kegiatan Pembinaan UKS pada siswa dan guru SMP se kota Tomohon sebagai bagian dari kegiatan Penyuluhan Masyarakat Pola Hidup Sehat bertempat di Tulip Inn Paslaten I Kota Tomohon, tanggal 27 Oktober 2017. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon dr. Deesje V. Liuw, M.Biomed diharapkan dapat meningkatkan peranan UKS di sekolah.

Dalam sambutannya dr. Liuw mengatakan program UKS yang dikenal dengan Trias UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat merupakan hal yang sangat penting dalam mewujudkan peserta didik yang sehat dan cerdas.

"Pembinaan dan pengembangan UKS adalah upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, terarah dan bertanggung jawab dalam menanamkan, menumbuhkan dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari." jelas dr. Liuw.

Ditambahkan oleh Kepala Dinas bahwa masalah kesehatan anak usia sekolah tergantung pada periode proses pertumbuhan dan perkembangan sehingga upaya pelayanan yang dilaksanakan harus disesuaikan dengan kondisi dan proses tumbuh kembang anak yaitu masa pra remaja dan remaja, termasuk proses intervensi dalam pembinaan kesehatan anak usia sekolah melalui peranan UKS dapat dilaksanakan dengan baik.

"Meskipun program UKS telah dilaksanakan secara terpadu, namun tetap saja masih banyak permasalahan yang mendasar yang dialami oleh anak sekolah, misalnya PHBS, sanitasi dasar yang belum memenuhi syarat, meningkatnya penyalagunaan narkoba dan merokok." kata dr. Liuw.

Dr. Liuw berharap dengan adanya kegiatan ini peranan UKS semakin dikuatkan dan dikembangkan sehingga harapan kita bersama yaitu mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal dapat tercapai.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Promosi Kesehatan Moudy S. Pusung, S.Kep, Ns, M.Kes dalam kapasitas sebagai Ketua Panitia Pelaksana melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari dengan tujuan untuk meningkatkan peranan UKS sehingga terjadi peningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik.

"Meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta derajat kesehatan peserta didik dan menciptakan lingkungan yang sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya." jelas Pusung.

Ditambahkan oleh Kepala Bidang sebagai peserta kegiatan adalah Guru dan Siswa SMP se Kota Tomohon dan para petugas UKS puskesmas se Kota Tomohon dengan jumlah 75 orang. Sebagai narasumber dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon dan Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara.

Pada kegiatan ini selain ada materi yang disampaikan oleh para narasumber, juga diselingi dengan kegiatan kuis yaitu pertanyaan yang diajukan panitia dan peserta yang dapat menjawab dengan benar akan mendapatkan hadiah yang telah disediakan oleh panitia.

Hadir juga pada kegiatan ini Panitia Pelaksana Ellen Timmerman, S.Kep, Ns, M.Kes sebagai Kepala Seksi Kesehatan Keluarga, Kristy Najoan, S.Kep, M.Kes sebagai Kepala Seksi Pelayanan Gizi dan Usila dan Benny Purba, SKM sebagai Kepala Seksi Promosi Kesehatan, Penyuluhan dan Pemberdayaan UKBM. Para staf Ainy Pakasi, AmdKeb sebagai Pengelola Program KIA, Nensy Rorimpande, S.Kep sebagai Pengelola Program Gizi dan Usila dan Srirahayu Tupalangi, AmdKep sebagai Pengelola Program Promkes. ***(Abd23)

Admin RMC , 10/27/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: