.

.
» » » Arsenal Rebut Piala FA Usai Kalahkan Chelsea

London, RedaksiManado.Com - Arsenal menyudahi musim 2016-17 dengan menjuarai Piala FA. Di final, The Gunners berhasil mengalahkan juara Premier League Chelsea dengan skor tipis 2-1. Pada pertandingan di Stadion Wembley, Sabtu (27/5/2017), Chelsea menyudahi pertandingan dengan 10 pemain. Menyusul diusirnya Victor Moses dari pertandingan setelah menerima kartu kuning kedua usai jeda.

Arsenal lebih dominan dan agresif di babak pertama sehingga mampu unggul cepat lewat gol Alexis Sanchez di menit keempat. Meski menciptakan sejumlah peluang apik, Arsenal gagal menambah keunggulannya sehingga skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

Saat kekurangan jumlah pemain, Chelsea malah mampu mencetak gol penyama lewat Diego Costa. Akan tetapi, hanya beberapa menit berselang, Aaron Ramsey melahirkan gol kedua yang ditunggu-tunggu Arsenal untuk memastikan kemenangan.

Bagi Arsenal kemenangan ini menyelamatkan musim mereka setelah gagal finis empat besar di Premier League, sekaligus menggagalkan ambisi dobel gelar Chelsea.

Jalannya Pertandingan

Arsenal langsung menekan sejak awal. Gol cepat terjadi di menit keempat lewat Alexis Sanchez untuk menjadikan skor 1-0.

Sanchez mengirim bola kepada Aaron Ramsey yang berada dalam posisi offside. Tapi sebelum bola menyentuh si pemain, Sanchez mengejar bola untuk dilesakkan ke sudut bawah gawang Arsenal.

Bola masih terus dikuasai Arsenal sehingga Chelsea sulit mengembangkan permainannya, alih-alih mengancam gawang tim lawan.

Di menit 16, Arsenal nyaris menambah keunggulannya. Kerjasama Sanchez dengan Oezil diakhiri tendan tembakan gelandang Jerman itu ke gawang yang kosong. Tapi Gary Cahill masih bisa menyapu bola di garis gawang.

Hanya tiga menit kemudian, gawang Chelsea nyaris bobol lagi. Umpan silang Oezil disambut dengan sundulan Danny Welbeck yang mengenai tiang jauh. Sayangnya, bola rebound tak mampu dimaksimalkan Ramsey.

Chelsea perlahan mulai bisa keluar dari tekanan Arsenal. Per Mertesacker membuat blok krusial untuk mengadang tembakan Diego Costa. Setelahnya striker Spanyol itu mengalahkan penjagaan Rob Holding tapi usahanya masih mentah di tangan David Ospina.

Di menit 29, serangan balik Arsenal nyaris menciptakan gol kedua. Welbeck menerima umpan di tiang dekat, tapi sontekannya mengenai Thibaut Courtois dan bergulir ke gawang sebelum disapu Cahill.

Sepuluh menit kemudian, Pedro membuang peluang menyamakan skor. Eden Hazard meliuk-liuk di kotak penalti untuk menyodorkan bola pada Pedro. Namun, tembakan pemain Spanyol itu melambung.

Selepas turun minum, Chelsea menjadi jauh lebih berbahaya. Pedro menciptakan ancaman bagi lini pertahanan Arsenal yang diakhiri dengan sodoran kepada N'Golo Kante. Namun, tembakannya mengenai Granit Xhaka sebelum ditangkap Ospina.

Dua menit berselang, kerjsama Costa dan Moses diakhiri dengan tembakan menyusur tanah. Ospina masih bisa menahannya.

Meski dalam tekanan, Arsenal bukannya tak punya peluang. Dua kali crossing-crossing Hector Bellerin membahayakan pertahanan Chelsea meski masih bisa diantisipasi Courtois.

Bencana bagi Chelsea. Saat sedang mengejar ketinggalan, Chelsea jusru bermain dengan 10 pemain di menit 68. Moses justru diacungi kartu kuning kedua karena dianggap diving setelah berduel dengan Oxlade-Chamberlain.

Masuknya Willian menjadi angin segar bagi Chelsea. Hanya empat menit setelah masuk lapangan, gelandang Brasil itu mengirim umpan yang diselesaikan Diego Costa untuk menjadikan skor seri 1-1 di menit 76.

Akan tetapi, Olivier Giroud yang baru masuk langsug berkontribusi. Striker Prancis itu menyisir sisi kiri lapangan untuk melepaskan umpan silang, yang diselesaikan Ramsey dengan sundulan dari depan gawang. Arsenal kembali memimpin 2-1.

Memasuki 10 menit terakhir, Arsenal nyaris menghabisi Chelsea. Akselerasi Bellerin mengalahkan penjagaan David Luiz sebelum melepaskan tembakan ke tiang jauh dan hanya melebar tipis.

Ospina melakukan penyelamatan gemilang di menit 86. Kiper Kolombia ini menepis tembakan Diego Costa dari jarak dekat. Semenit kemudian, Arsenal gagal memaksimalkan serangan balik yang menempatkan Oezil dalam situasi bagus untuk menembak bola. Namun penyelesaian pemain Jerman itu menghantam tiang gawang.

Memasuki injury time, Arsenal terus menekan pertahanan Chelsea. Ramsey mendapatkan ruang tembak tapi penyelesaiannya diadang Cesar Azpilicueta.

Pertandingan berakhir, Arsenal berhak kemenangan 2-1 atas Chelsea untuk menjadi juara.

Susunan Pemain

ARSENAL: Ospina, Mertesacker, Monreal, Holding, Oxlade-Chamberlain (Coquelin 83'), Xhaka, Ramsey, Bellerin, Oezil, Sanchez (Elneny 90+3'), Welbeck (Giroud 78')

CHELSEA: Courtois, Azpilicueta, David Luiz, Cahill; Moses, Kante, Matic (Fabregas 62'), Alonso; Pedro (Willian 72'), Diego Costa (Batshuayi 88'), Hazard
(Abd)

EL , 5/28/2017

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: