.

.
» » Gelar Pagelaran Seni Tampilkan Budaya Toundanouw/Tonsawang

Ratahan, RedaksiManado.Com – Lembaga Adat Budaya Toundanouw/Tonsawang (LAB-TT) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) gelar pagelaran lomba pidato bahasa daerah, khotbah, bintang vokalia, dan koor gaya yang akan berlangsung rencananya (24-26/4/2017).
Hal ini diungkap ketua panitia pagelaran seni budaya Anna Dotulong. Dirinya menjelaskan, kegiatan ini dibuat dalam rangka pelestarian bahasa daerah Tonsawang. “Sebagai salah satu unsur budaya anak Minahasa, maka melalui LAB-TT kita buat kegiatan tersebut,” kata Dotulong di Ratahan, (3/3/2017).
Lebih lanjut dijelaskannya, Kepala Dinas Pengendalian kependudukan dan keluarga berencana kabupaten minahasa Tenggara (DPKKB) Mitra ini, latar belakang mengapa sampai digagasnya kegiatan tersebut oleh LAB-TT. “Dasar dari kegiatan tersebut, penetapan badan pengurus lembaga adat budaya Toundanouw/Tonsawang No. 07/BP/LAB-TT/VI-16 tentang Rencana Program Kerja Jangka Menengah 2016-2019 serta Rapat Badan Pengurus LAB-TT 9 Agustus 2016 tentang pembetukan panitia pelaksana,” ungkapnya.
Ditambahkannya, tujuan dari kegiatan tersebut salah satunya untuk menggali seni budaya Tondanouw/Tonsawang bagi generasi mudah khususnya. “Tujuan dari kegiatan ini untuk melaksanakan penggalian pengembangan pelestarian nilai-nilai leluhur adat budaya guna memperkaya khasana budaya. Serta menggerakan secara aktiv dan teratur melalui kegiatan lomba dan lain-lain dalam memperluas pengembangan dan penghayatan budaya Toundanouw/Tonsawang,” jelasnya.[Bay]

Admin RMC 3/04/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama