.

.
» »Unlabelled » 504 PAL'A Se- Manado Diminta Tolak Praktek Pungli

MANADO, RedaksiManado.Com- Praktek pungutan liar (Pungli) berpotensi dilakukan aparat pemerintah yang berhubungan dengan layanan publik, termasuk para Kepala Lingkungan atau Pala di Kota Manado. Untuk memproteksi aparat pemerintah yang jadi ujung tombak Pemerintah Kota (Pemkot) Manado itu, dilaksanakan sosialisasi Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungli Kota Manado, di ruang Serbaguna KantorWalikota Manado, Selasa (07/03). 
Kegiatan tersebut melibatkan para Camat dan Lurah serta 504 kepala lingkungan se Kota Manado, dan dibuka Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota (Sekkot) Manado Drs Rum Dj Usulu mewakili Walikota Manado Vicky Lumentut.
Dalam sambutannya, Walikota berharap seluruh aparatur Pemkot Manado termasuk kepala lingkungan agar tidak menjalankan praktek Pungli yang berimplikasi hukum, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
"Hadirnya Satgas Saber Pungli diharapkan akan menghilangkan praktek pungutan liar yang dilakukan aparatur pemerintah di Kota Manado, termasuk para kepala lingkungan yang langsung berhadapan dengan masyarakat," jelas Sekkot Usulu yang turut disaksikan Kepala Inspektorat Kota Manado Drs Hans Tinangon MSc. 
Sementara itu, Ketua Satgas Saber Pungli Kota Manado yang juga Wakil Kepala Polresta Manado AKBP Enggar Broto Seno mengatakan aparat pada kantor pelayanan publik termasuk kepala lingkungan sangat rentan terhadap praktek Pungli.
"Terjadinya praktek Pungli karena peluang ada, kesempatan ada, dan itu tinggal niat atau mental sehat yang bisa mencegahnya," ujarnya. 
Dampak dari terjadinya praktek Pungli diantaranya ekonomi biaya tinggi, rusaknya tatanan masyarakat, masyarakat dirugikan serta menimbulkan ketidak-percayaan masyarakat kepada pemerintah."Kepala lingkungan juga adalah pemerintah ditingkat bawah, salah satu yang jadi target Satgas Saber Pungli,"pungkasnya. (Kel)

Admin RMC 3/08/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama