.

.
» » Wajib Diketahui, 10 Cara Mengatasi Hp Mudah Panas,


RedaksiManado.com -- Menggunakan handphone (hp) secara terus-menerus bisa menyebabkan overheat atau kondisi yang terlalu panas. Ketika kondisi itu terjadi, maka ada cara mengatasi hp overheat.

Penyebab hp mengalami overheat yang paling umum karena memainkan game, membuka aplikasi, menonton video atau streaming yang terlalu lama.

Kemudian melakukan telepon dan video call terlalu lama, memainkan hp saat proses charging, kecerahan layar terlalu tinggi, Wi-Fi yang terhubung terlalu lama, dan banyak lagi.

Meski begitu, kamu jangan menyalah artikan hangat sebagai panas. Untuk kamu yang baru saja bermain game selama 15 menit, hp yang sedikit hangat merupakan hal yang normal.

Namun jika hpmu terpasang aplikasi overheat protection dan memberikan peringatan atau bahkan hp mati secara tiba-tiba, artinya telepon genggammu sudah mengalami overheat.

Dikutip dari laman Make Use Of, Senin,(12/6/2023) berikut cara yang bisa kamu coba untuk menetralkan kembali suhu hp.

1. Gunakan kamera seperlunya
Penggunaan kamera untuk memotret serta merekam video dengan resolusi yang tinggi dan dalam waktu lama dapat menyebabkan hp cepat panas alias overheat.
Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya gunakan kamera saat diperlukan saja dan tidak perlu resolusi berlebihan.

2. Hindari hp dari sinar matahari
Sinar matahari langsung dan cuaca yang panas dapat menyebabkan hp overheat. Kebiasaan meletakkan hp di kursi atau meja yang terkena sinar matahari langsung atau pada dashboard mobil menjadi beberapa contohnya.
Yang perlu kamu lakukan adalah meletakkan hp-mu di tempat yang teduh dan sejuk, serta jauhkan dari paparan sinar matahari langsung.

3. Charge hanya 80 persen
Mengutip Insider, cara mengatasi hp overheat adalah dengan mengisi baterai hanya sampai 80 persen saja. Hal tersebut karena hp-mu cenderung akan kepanasan jika terisi penuh.
Jika kamu ingin mengisi baterainya semalaman, upayakan untuk meletakkan hp di permukaan yang dingin dan rata. Hindari meletakkan di bantal atau sprei.
Sebab, kasur, sofa, atau permukaan empuk lainnya dapat menyerap panas dari handphone yang sedang di-charge dan dapat membuatnya semakin panas bahkan berisiko terbakar.

4. Segera tutup aplikasi
Langkah berikutnya untuk mengatasi overheat pada hp adalah dengan menyudahi mengoperasikan aplikasi sementara waktu dan menutup semua aplikasi yang tidak digunakan.
Selain itu, menutup aplikasi saat sedang mengisi baterai juga efektif menurunkan suhu hp.

5. Turunkan kecerahan layar
Ketika kamu menggunakan hp di luar ruangan jangan lupa untuk menurunkan kecerahannya.
Cahaya hp yang terlalu terang dan cuaca panas dapat menyedot baterai terlalu cepat dan mengakibatkan hp overheat. Jika kamu kesulitan melihat layar sebaiknya belilah layar antisilau.

6. Unduh aplikasi secukupnya
Sebaiknya hindari menjadi pengumpul aplikasi. Hapus aplikasi-aplikasi yang tidak pernah digunakan.
Selain itu, matikan juga notifikasi, mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, dan menonaktifkan layanan lokasi dari aplikasi tertentu.

7. Matikan GPS dan bluetooth
Selain menutup aplikasi, kamu juga perlu menyetop aktivitas GPS atau bluetooth yang tengah aktif. Pasalnya, baik GPS dan bluetooth membutuhkan konsumsi baterai yang besar ketika digunakan.
Membiarkan dua aplikasi ini aktif terus-menerus sekalipun tidak digunakan tentu dapat menyebabkan hp overheat. Maka segera matikan GPS dan bluetooth ketika tak lagi diperlukan.

8. Aktifkan airplane
Jika tidak ingin mematikan hp, Anda bisa mengaktifkan mode pesawat atau airplane sementara waktu agar sistem operasi smartphone bisa istirahat sejenak.
Hal ini membuat data seluler tidak bisa digunakan sementara waktu.

9. Matikan smartphone
Cara mengatasi smartphone overheat berikutnya adalah mematikan hp dalam beberapa waktu. Tujuannya untuk memberi jeda terhadap hp karena sudah bekerja ekstra selama berjam-jam misalnya.

10. Lepaskan casing hp
Jika ponsel sudah terasa panas sebaiknya lepaskan casing ponsel untuk mendinginkannya. Biasanya, panas juga dapat disebabkan oleh penggunaan casing hp terlalu lama.
Casing sendiri tidak menyebabkan hp overheat. Hanya saja, penggunaan casing khususnya berbahan plastik atau karet dapat memerangkap panas yang dikeluarkan hp.

Demikian cara mengatasi hp overheat. Jangan biarkan hp sering mengalami overheat agar tidak menyebabkan kerusakan baterai hingga fungsional hp. Semoga bermanfaat!

Admin RMC 6/03/2023

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: