.

.
» » Bisakah Penderita Diabetes Sembuh Total?


RedaksiManado.Com
-- Orang yang telah divonis menderita diabetes, terutama diabetes tipe 2 tentu ingin sembuh. Karena itu sangat wajar saat muncul pertanyaan, apakah penderita diabetes bisa sembuh total?

Diabetes sendiri merupakan salah satu penyakit yang bisa diderita siapa saja. Bahkan, saat ini penderita diabetes bukan hanya orang lanjut usia. Tidak sedikit juga orang di usia 30-40 tahun dinyatakan menderita diabetes.

Lantas, apakah penyakit ini bisa disembuhkan?

Melansir Northern Nevada, tidak ada obat untuk diabetes tipe 2. Tapi bukan berarti diabetes akan terus menggerogoti tubuh Anda.

Diabetes memang tidak bisa disembuhkan. Tetapi ada kemungkinan tubuh bisa berada pada kondisi di mana Anda tidak memerlukan obat untuk mengelola diabetes. Tubuh juga tidak akan menderita efek buruk karena kadar gula darah yang terlalu tinggi.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup yang positif. Misalnya, makan makanan yang seimbang, berolahraga secara teratur, dan menurunkan berat badan yang sehat. Semua ini adalah kunci untuk membalikkan atau mengelola diabetes tipe 2.

Perubahan gaya hidup lainnya juga dapat membantu. Termasuk tidak merokok, tidur cukup, membatasi alkohol, dan mengelola stres. Namun, bagi sebagian orang ini masih belum cukup dan pengobatan diperlukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Saat seseorang bertanya, apakah penderita diabetes bisa sembuh total, mungkin terdengar klise. Sebab banyak orang yang berakhir putus asa saat dinyatakan menderita diabetes tipe 2.

Tapi, menukil Diabetes UK, tidak ada yang tidak mungkin. Memang tidak ada jaminan bahwa diabetes Anda hilang selamanya. Tapi, kadar gula darah Anda bisa berada di bawah kisaran diabetes dan tidak memerlukan obat-obatan lagi untuk melanjutkan hidup.

Kondisi ini oleh para tenaga medis disebut dengan remisi diabetes. Remisi akan terlihat melalui penurunan berat badan. Remisi lebih mungkin terjadi jika Anda menurunkan berat badan sesegera mungkin setelah diagnosis diabetes.

Jika Anda mengalami obesitas, diabetes kemungkinan besar akan sembuh saat kehilangan banyak berat badan. Misal 15 kg secepat dan seaman mungkin setelah diagnosis.

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua orang yang kehilangan berat badan sebanyak ini dapat menyembuhkan diabetesnya. Tetapi kehilangan 15 kg tentunya mendatangkan banyak manfaat kesehatan.

Pencegahan Diabetes
Meskipun beberapa faktor penyebab diabetes seperti riwayat keluarga sulit untuk dihindari, tetapi ada faktor lain yang dapat dicegah sedari dini melalui penerapan hidup sehat. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit diabetes, di antaranya:Mempertahankan berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan rendah lemak.
  • Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur.
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis.
  • Berolahraga secara rutin dan banyak melakukan aktivitas fisik.
  • Mengurangi waktu duduk diam terlalu lama, seperti ketika menonton televisi.
  • Menghindari atau berhenti merokok.
Jika Anda mengalami beberapa gejala dari diabetes dan gejala tersebut tak kunjung membaik setelah dilakukan upaya pengobatan alami, segerelah memeriksakan diri ke dokter. Hal ini bertujuan agar diabetes dapat segera terdeteksi, sehingga penanganan dapat dilakukan sedini mungkin. Semakin cepat penanganan dilakukan, maka semakin kecil pula risiko komplikasi diabetes dapat terjadi. **(11)

Admin RMC 4/11/2023

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: