.

.
» » Ingin Menjadi Awet Muda, Lakukan 7 Langkah Ini


RedaksiManado.Com
-- Menjaga tubuh dan wajah supaya tetap terlihat awet muda, mungkin diinginkan sebagian besar orang. melakukan pola hidup sehat ialah prioritas, hingga apa pun dapat dikorbankan demi tercapainya awet muda, namun bagi sebagian orang, pola hidup sehat ialah niatan semata. 

Meski pertambahan usia adalah hal yang mutlak, namun punya penampilan yang awet muda bukan mustahil untuk diwujudkan. Sebab ada sejumlah kebiasaan yang membuat awet muda.

Bentuk kebiasaan tersebut mudah diterapkan sehari-hari asalkan dilakukan dengan konsisten. Berikut rutinitas sederhana yang perlu dibiasakan agar awet muda, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tidur Cukup
Tidur yang cukup merupakan rahasia awet muda alami. Selain membantu membakar kalori, tidur yang cukup sekitar 7-9 jam per hari bagi orang dewasa dinilai berpengaruh dalam menghambat tanda-tanda penuaan.

Saat Anda tertidur tubuh akan melakukan regenerasi sel termasuk kulit, dengan sel baru sekaligus memperbaiki peradangan sel rusak yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Melansir Eatthis, penelitian terbaru dari BRAIN melaporkan bahwa kebiasaan tidur kurang dari 6,5 jam dikaitkan dengan penurunan kognitif atau daya ingat lebih besar.

2. Olahraga
Rajin olahraga terbukti membantu awet muda. Studi dari McMaster University menunjukkan orang yang berusia 40 tahun dan rajin olahraga memiliki kulit mirip dengan berusia 20 tahun.

Olahraga juga menciptakan hormon dan zat yang dapat membantu memperlambat penuaan pada kulit, serta meredakan stres penyebab penuaan.

Idealnya setiap orang dianjurkan berolahraga rutin 150 menit setiap minggu atau setara 30 menit, 5 kali dalam seminggu.

3. Memakai skincare
Rutin membersihkan wajah dan badan selepas berkegiatan, lalu memakai skincare sesuai jenis kulit, termasuk kebiasaan yang membuat awet muda.

Semakin bertambah usia, kelembapan serta elastisitas kulit juga ikut menyusut. Jika tidak dirawat dengan baik maka kondisi ini berisiko menimbulkan tanda-tanda penuaan.

Oleh karena itu pastikan Anda memakai tabir surya saat keluar ruangan, rajin menggunakan pelembap, melakukan eksfoliasi, dan selalu membersihkan wajah, badan sebelum istirahat.

4. Kelola stres
Stres dapat meningkatkan hormon peradangan yang merusak sel tubuh dan mempercepat proses penuaan.

Mengelola stres dengan baik tentunya sangat penting jika Anda ingin tetap awet muda dan memperoleh tubuh sehat.

Caranya bisa melakukan meditasi, yoga, pilates, pergi berlibur, menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang, atau sebatas menyalurkan hobi sesuai minat.

5. Konsumsi makanan bergizi
Yang tidak kalah penting dalam membantu proses awet muda yaitu membiasakan diri mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Buah dan sayuran kaya akan antioksidan memiliki peranan penting untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan serta kerusakan kulit.

Selain makanan bernutrisi sehat, hindari mengonsumsi makanan olahan tinggi gula, garam, dan lemak, karena berisiko mempercepat penuaan.

6. Kurangi asupan tinggi gula
Kebiasaan mengonsumsi makanan serta minuman tinggi gula tambahan diklaim bisa meningkatkan peradangan kulit penyebab cepat tua.

Ketika kulit Anda mengalami peradangan, dampaknya bisa menimbulkan enzim tertentu yang akan merusak kolagen sehingga mempengaruhi elastisitas supaya tampak keriput.

Kelebihan asupan tinggi gula juga bertanggung jawab atas kenaikan berat badan dan berpotensi terhadap penyakit kronis seperti obesitas, diabetes, ginjal, hingga jantung.

7. Perbanyak minum air putih
Kebiasaan yang membuat awet muda selanjutnya yaitu minum air putih cukup setiap hari agar kulit terlihat segar dan menghambat penuaan dini.

Apabila tubuh Anda kurang minum air, kondisi ini memicu peradangan yang mempercepat tanda-tanda penuaan serta mempengaruhi fungsi otak.

Orang dewasa direkomendasikan minum air putih 2 liter per hari. Selain itu, hindari minuman kemasan instan tinggi gula, alkohol, atau kopi, teh dengan kandungan gula tambahan. **(14)

Admin RMC 3/26/2022

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: