.

.
» » Diterima Sekot Roring, Tomohon Kembali Sandang Kota Toleran dari Setara Institut


Tomohon
,RedaksiManado.Com~Pemerintah Pusat pada  beberapa bulan yang lalu, telah menetapkan Kota Tomohon sebagai Kota Toleran di Indonesia dalam acara Pekan Kerukunan Internasional yang dilaksanakan di Sulawesi Utara. Jenis  Penghargaan tersebut kembali di berikan kepada pemerintahan Caroll Senduk dan Wenny Lumentut.  Kali ini Setara Institut menobatkan Kota Tomohon masuk dalam 10 besar Kota paling toleran di Indonesia, yang penilaiannya menggunakan indeks keberagaman sepanjang tahun 2021.

Penghargaan untuk Kota Tomohon diberikan dalam kegiatan Launching dan Penghargaan Indeks Kota Toleran Award 2021, yang dilaksanakan di Jakarta Pusat, Rabu (30/3/2022). Kegiatan ini dibuka oleh Sekjen Kemendagri Dr Suhajar Diantoro MSi.

Ismail Hasani Direktur Eksekutif Setara Institute, menjelaskan bahwa dalam proses penilaian, pihaknya mengukur Kota dengan empat variable dan delapan Indikator, diinput dan skoring dengan pembobotan dan sebagainya, dan kami juga melakukan self-assesment, didalamnya menanyakan quesioner ke masyarakat tentang kinerja Kota mereka.

"Dari hasil assesment tersebut, terdapat 10 besar Kota paling toleran di Indonesia, yakni Kediri dengan 5,733 poin, Surakarta 5,783 poin, Bekasi 5,830 poin, Ambon 5,900, Magelang 6,020 poin, Tomohon 6,133, Kupang 6,337, Salatiga 6,367, Manado 6,400, dan nomor satu Singkawang dengan 6,483 poin,"urai Ismail.

Diungkapkannya pula, 10 Kota tersebut dinilai paling toleran dalam kehidupan bermasyarakat dan pemerintahnya menghasilkan Peraturan Daerah yang tidak memihak satu kelompok.
Adapun delapan indikator penilaian, antara lain rencana pembangunan, kebijakan diskriminatif, peristiwa intoleransi, dinamika masyarakat sipil, pernyataan publik pemerintah Kota, tindakan nyata Pemerintah Kota, heterogenitas agama, dan inklusi sosial keagamaan,"jelas Ismail.

Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH bersama Wakil Walikota Wenny Lumentut SE mengatakan penghargaan ini diperoleh tentunya atas peran, kerjasama yang baik dari seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon dalam menciptakan suasana aman dan damai di Tomohon, juga terus menjaga dan membina kerukunan antar umat beragama dan tetap terus menyukseskan berbagai program Pemerintah Kota, sehingga segala sesuatunya berjalan baik.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME mewakili Pemerintah Kota Tomohon yang hadir dan menerima penghargaan tersebut mengatakan Pemkot Tomohon selalu menaruh perhatian lebih terhadap toleransi keagamaan di Kota Tomohon.

"Pemerintah Kota Tomohon sangat mendorong berbagai program setiap agama yang ada di Kota Tomohon, seperti adanya bantuan untuk tempat-tempat ibadah dan adanya anggaran yang dihibahkan ke FKUB serta pemberian insentif  kepada tokoh-tokoh agama di Kota Tomohon. Pemerintah Kota juga selalu melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para tokoh agama didalamnya para pimpinan denominasi gereja dan agama, sehingga kerukunan antar umat beragama terus terbina,"ungkap Roring.**(El)

EL 3/31/2022

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: