.

.
» » » DPRD Tomohon Gelar Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden

TOMOHON, RedaksiManado.Com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Tomohon melaksanakan Rapat PARIPURNA DPRD dalam rangka Mendengarkan Pidato Kenegaraan President dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI ke - 74 yang dilaksanakan diruang rapat paripurna DPRD Kota Tomohon, 16 Agustus 2019 Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Ir Miky Wenur MAP didampingi wakil ketua Carrol Senduk, SH dan Youddy Moningka SIP 


Ada 5 Poin penting yang disampaikan presiden dalam pedato kali ini



1. Pemindahan Ibu Kota 

Presiden Jokowi menjanjikan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan tidak akan menghabiskan anggaran negara terlalu besar. Presiden juga menyampaikan tentang pentingnya ibu kota baru yang dirancang tidak hanya sebagai simbol identitas, tapi juga sebagai representasi kemajuan bangsa. Rancangan konsep ibu kota baru akan mengusung konsep modern dan ramah lingkungan sehingga tidak bergantung pada pemanfaatan energi fosil. Presiden berharap dengan pemindahan ibu kota baru akan mendorong pemerataan ekonomi yang tidak hanya terpusat di Pulau Jawa. 

2. Realisasi Anggaran Tepat Guna 
Dalam isi pidato kenegaraan pada sidang bersama DPR-DPD RI, Presiden menyampaikan penggunaan anggaran yang tidak didasarkan pada kuantitas tetapi kualitas, dan akuntabilitas hasil anggaran yang digunakan. Presiden menjelaskan, dengan adanya penggunaan teknologi harus ada penyederhanaan dalam kelembagaan, sehingga ada pengoptimalan dalam pelayanan publik. 

3. Pancasila Harga Mati 
Presiden menegaskan tidak akan berkompromi dengan aparatur yang mengingkari Pancasila. Jokowi mengatakan untuk peningkatan kualitas dan budaya Aparatur Sipil Negara (ASN), birokrat, TNI, Polri, dan badan BUMN. Dalam pidatonya presiden mengapresiasi bagi aparat negara yang selalu bersikap optimistis. Beliau menambahkan tentang aparat negara yang mempunyai sikap optimistis, yang melakukan smart shortcut, dan melayani sepenuh hati patut dicari. Jokowi tidak berkompromi apabila menemukan aparatur yang mengingkari Pancasila dengan tidak melayani masyarakat dengan baik dan tidak langsung turun ke lapangan. 

4. Pemberdayaan SDM Unggul untuk Inovasi 
Jokowi menegaskan pentingnya meningkatkan SDM yang ada di Indonesia. Dengan SDM yang berkualitas diharapkan mampu menciptakan inovasi baru untuk bersiap mengahdapi ekonomi global. 

5. Mitigasi Bencana yang Responsif 
Presiden juga menyampaikan terkait pentingnnya mitigasi bencana untuk mencegah risiko bencana alam. Presiden menekankan pembangunan infrastruktur yang harus sensitif terhadap risiko bencana sebab Indonesia berada di berada di wilayah Ring of Fire. Presiden menegaskan kapasitas dalam pengelolaan risiko bencana harus diperkuat dengan menyiapkan inftrastruktur yang mendukung mitigasi bencana. Dengan adanya infrastruktur yang mendukung mitigasi bencana diharapkan dapat mencegah krisis iklim yang mengancam dunia.

Sementara itu Menurut Ketua DPRD "Dengan kita mendengarkan pidato presiden ini kita bisa mengatahu apa yang akan dibuat dan dikerjakan pemerintah termasuk tantangan dan informasi kenegaran" 

Hadir dalam paripurna ini para anggota DPRD Kota Tomohon, Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE, AK, CA, Wakil Walikota Syerly Adelyne Sompotan, Dandim 1302 Minahasa, Kapolres Tomohon, Kepala KP2KP Kota Tomohon, Ketua KPU Kota Tomohon dan bersama seluruh pejabat pemerintah kota Tomohon.**(Nal)







Redaksi Manado 2017 , 8/16/2019

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: