.

.
» » Hadiri Kegiatan Penyerahan Makam Terdampak Jalan Tol, Ini Yang Lomban Katakan


Bitung, RedaksiManado.Com-Setelah selesai melakukan relokasi makan Kelurahan Sagerat Weru II yang terdampak pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung, panitia pemindahan makam menyerahkannya kepada Pemerintah Kota Bitung, ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan, Kamis (1/4) di lokasi milik Pemerintah Kota Bitung, TPU Pinokalan, Kecamatan Ranowulu.

Dalam sambutannya Lomban mengucapkan terima kasih atas peranan dari panitia yang telah melakukan pemindahan lahan pekuburan umum Sagerat Weru II yang terdampak pembanunan jalan tol Manado - Bitung ke TPU Pinokalan.

“Saya selaku Pemerintah Kota Bitung, juga berterima kasih kepada para ahli waris yang sudah mendukung dan mengerti dan melihat hasilnya, ini semua untuk penataan yang baik dan teratur,”ujar Lomban.

Lanjutnya, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, selanjutnya akan bertanggung jawab dalam menata pekuburan dan pertamanan.

“Saya menyampaikan kepada ahli waris, hak - hak kalian tidak ada yang dikurangi sepeserpun, karena semua yang menjadi hak saudara, diberikan secara non tunai, karena itu yang menjadi kesepakatan Pemerintah Kota Bitung dengan pihak BPK Jalan Tol untuk memberikan hak mereka sepenuhnya,”ujarnya

Lomban berharap, apa yang sudah dilakukan Pemerintah dalam hal penataan pekuburan bisa berjalan dengan lancar. “Melihat pekerjaan dengan kondisi makam yang rapi ini, dapat menjadi potensi wisata baru. Patut diapresiasi panitia pemindahan makam, karena selama proses evakuasi tidak terjadi konflik dari ahli waris,” pungkasnya.

Sebelumnya,Ketua Panitia pemindahan makam Sagerat Weru II, Handi Tandiapa, melaporkan, anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp. 7,8 Miliar terbagi dari fisik Rp. 3,3 Miliar dan non fisik Rp. 4,5 Miliar. Jumlah yang tidak terdeteksi 25 kubur Kristen dan 4 kubur Islam, yang dimakamkan di luar TPU Pinokalan 45 kubur Kristen dan 20 kubur Islam, sedangkan yang dimakamkan di tempat pemakaman umum Pinokalan 534 kubur Kristen dan 216 kubur Islam, total 750 makam.

Hadir juga mendampingi Lomban, Sekot DR Audy Pangemanan, Asisten I Drs Okavianus Tumundo, Asisten II Jeffry Wowiling , Kepala Dinas Perkim Hendri Sakul dan jajaran, Polsek Ranowulu, Camat Ranowulu, Camat Madidir, Lurah, dan Ahli waris. (Ical)

Richardo Pangalerang 4/11/2019

Penulis: Richardo Pangalerang

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: