.

.
» » Manfaat Bertelanjang Kaki Saat Berjalan Untuk si Bayi

RedaksiManado.Com - Kebanyakan orang tua pasti akan takut kalau membiarkan anaknya bertelanjang kaki saat berjalan. Karena mereka takut anaknya terluka. Atau karena takut karena kotor. Namun ternyata berjalan sambil bertelanjang kaki memiliki sejumlah manfaat bagi si kecil.

Berikut beberapa manfaat membiarkan anak bertelanjang kaki untuk kesehatan bayi, seperti dilansir dari laman Boldsky, Selasa (17/7/2018).

1. Meningkatkan Keterampilan Motorik Dasar
Dengan membiasakan si kecil untuk berjalan di lingkungan terbuka, seperti di taman dan di lapangan dapat meningkatkan kemampuan motoriknya lebih baik.

Ini karena kaki yang dibiasakan bebas di alam terbuka dapat membantu anak merasakan perbedaan tekstur sehingga membantu merangsang kemampuan motorik agar berkembang secara optimal.

2. Membantu Perkembangan Otot dan Ligamen Anak
Membiarkan anak berjalan dengan bertelanjang kaki ternyata dapat membantu perkembangan otot kaki dan ligamen si kecil dengan tepat. Selain itu, juga dapat menguatkan kaki anak dan membentuk lengkung telapak kakinya sehingga bentuk telapak kakinya tidak akan rata atau biasa disebut flat foot. Hal tersebut membuat cara berjalannya lebih seimbang.

3. Bertelanjang Kaki Membuat Keseimbangan Anak Menjadi Lebih Baik
Melatih anak berjalan telanjang kaki dapat merangsang sensorinya. Selain itu, anak yang dibiasakan bertelanjang kaki mudah menyeimbangkan tubuh mereka karena mereka terbiasa menggunakan jari kaki mereka untuk mencengkeram tanah saat mereka berjalan.

4. Membuat Kaki Tetap Terasa Segar
Faktanya, membiarkan anak berjalan dengan bertelanjang kaki dan bersentuhan langsung dengan udara terbuka membuat kaki menjadi lebih segar. Selain itu dapat menjaga kelembapan yang baik untuk kulit dan kakinya.

Meskipun sebagian besar orang tua merasa membiarkan si kecil berjalan tanpa alas kaki akan menyebabkan banyak kuman, namun sebaliknya hal tersebut justru menghambat kuman atau bakteri berkembang biak karena terpapar udara segar.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Berjalan tanpa alas kaki ternyata dapat meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang ujung saraf. Selain itu, anak-anak akan terbiasa dengan habitat mereka, tanah, dan lingkungan alam.

6. Mengurangi Risiko Cedera

Membiasakan anak bertelanjang kaki tentu membuat kaki dan jari kaki si kecil bebas bergerak dan bernapas. Selain itu, akan mengurangi kemungkinan cedera yang diakibatkan penggunaan sepatu atau alas kaki yang sempit.

Si kecil yang terbiasa untuk berjalan di tempat yang memiliki tekstur berbeda-beda pun akan sedikit mengalami luka saat berjalan di atas permukaan yang kasar.

7. Lebih Sensitif Terhadap Lingkungan
Bertelanjang kaki mampu membuat anak memiliki pengalaman yang berpotensi membentuk pikiran mereka. Selain itu mereka mengenali tekstur seperti sungai, rumput, kerikil, dan lumpur. Hal tersebut dapat membuat mereka menjadi lebih sensitif atau peka terhadap lingkungan. (Jihan Khaldaf)

Jadi jangan takut lagi untuk membiarkan si kecil bermain tanpa alas kaki di alam terbuka. Karena banyak manfaat positif yang bisa didapatkan. Namun tetap dalam pengawasan anda ya. **(IMK)

Redaksi Manado 2017 7/29/2018

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: