.

.
» » Walikota Lomban Salurkan Bibit Kepada Kelompok Tani

BITUNG, RedaksiManado.Com - Sebagai bentuk dukungan pengembangan komoditas perkebunan berkelanjutan, Dinas Perkebunan Provinsi Sulut bekerjasama dengan Badan Penelitian Palma, dan Badan Pertanian Ditjen Perkebunan, melaksanakan penyerahan bantuan bibit kelapa dalam, kepada 10 Kelompok Petani (Poktan), Kecamatan Ranowulu, Rabu (6/6) kemarin, di perkebunan Kelurahan Kumersot, Kecamatan Ranowulu.

Dalam sambutannya, Wali Kota Bitung, Max J Lomban SE MSi megungkapkan sangat mengapresiasi bantuan tersebut. “Saya hadir disini, sebagai rasa terima kasih karena rakyat saya dibantu, semoga bantuan ini daoat ditambah lagi, saya juga memotifasi kepada Poktan, agar merawat bantuan ini, sampai memiliki hasil,”ujar Lomban.

Lanjutnya juga, dengan kondisi harga komoditi kopra yang anjlok, diaharapkan warga petani tidak kecewa, karena selain dijadikan kopra, kelapa bisa dijual utuh, untuk diproses menjadi Virgin Coconut Oil (VCO). “Jangan takut dengan anjloknya harga kopra, kita punya pabrik VCO yang bisa mengolah 1.000 kelapa perhari, namun dengan bantuan ini, kita bisa mengganti kelapa yang sudah tua,”ujar Lomban.

Selanjutnya, Lomban melaskanakan penanaman bibit kelapa dalam, dilokasi yang disiapkan, diikuti Kepala Balai Penelitian Tanaman Palma Sulut, Ismail Max Kromo, dan Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Kota Bitung, Sony Wenas. Lomban juga menerima bantuan bibit kelapa dari Dinas Perkebunan Provinsi Sulut, dan menyerahkan kepada 10 Kelompok Tani Kecamatan Ranowulu, masing-masing berupa, Rp.7juta untuk pengolahan lahan 20 hektar, bibit kelapa dalam 24.000, Herbisida 400kg, pupuk 6.000kg dan kelengkapnnya. 

10 Poktan yang menerima, Melati-Danowudu, Tumou Tou-Danowudu, Warug-Kumersot, Tamporok-Kumersot, Kinekes-Kumersot, Mekar Sari-Tewaan, Esa Genang-Tewaan, Muda Mandiri-Dua Sudara, Dua Matuari-Dua Sudara, Dembet-Apela satu. *(Ical)

Admin RMC 6/06/2018

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: