.

.
» » » Pemkab Sangihe Mendukung Rencana Revitalisasi Kain Tenun Koffo

MANADO, RedaksiManado.Com – Cindy Wowor SE, MM, pendiri COFO dalam upaya melakukan revitalisasi kain tenunan Koffo asal Kabupaten Sangihe yang hampir punah, mendapatkan persetujuan dari Gubernur Sulawesi Utara untuk merevitalisasi kembali.

Koordinasi dan sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten Sangihe diterima langsung Bupati Jabes Gaghana SH dan Sekretaris Daerah Edwin Roring SE, Msi serta beberapa pejabat Eselon 2 lingkup Pemkab Sangihe. Pada pertemuan tersebut, Pemkab Sangihe memberikan support dan dukungan sepenuhnya kepada Cindy Wowor untuk melakukan revitalisasi kembali.

Kain tenunan Koffo dikembangkan dan pelestarian dengan menggunakan bahan kapas dan modern lainnya, untuk mempertahankan ragam hias asli Koffo serta modifikasi baru. Ini dikembangkan sebagaimana asli pada masa lalu.

“Apalagi kain tenunan Koffo sudah merupakan salah satu dari 33 kain tradisional yang telah diakui Pemerintah sebagai Kekayaan Warisan Budaya Tak Benda dan penetapannya melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Budaya RI ” kata Bupati Sangihe.

“Berkenaan dengan hal itu, saya mintakan kepada Dinas Parawisata, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Pertanian untuk kiranya dapat membuat program tahun 2018 agar mendukung upaya-upaya revitalisasi kembali dan kalau bisa juga ada program menjadikan salah satu desa di Kabupaten Sangihe sebagai Sentra Produksi Tenunan Kain Koffo,” tambah Bupati Sangihe.

Selanjutnya, menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Sangihe, Edwin Roring, SE. Msi bahwa dengan adanya Sentra Produksi Kain Tenunan Koffo disalah satu Desa di Kabupaten Kepulauan Sangihe nantinya akan meningkatkan kembali budaya tenunan kain koffo dari masyarakat serta dapat juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat disamping itu juga desa tersebut akan menjadi salah satu destinasi parawisata di daerah.

“Terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sangihe untuk merevitalisasi kain tenunan Koffo, apalagi ini disampaikan langsung Bapak Bupati Sangihe dan disaksikan Sekrataris Daerah Kabupaten serta beberapa Pejabat Eselon 2 dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan terkait dengan rencana Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk membuka sentra produksi tenunan kain koffo, dimana itu juga sudah menjadi program dari COFO karena tahun depan kami akan medirikan Sentra Produksi Tenunan Kain Koffo yang rencananya di Desa Lenganeng Kecamatan Tabukan Utara,” kata Cindy Wowor. (NL)

Admin RMC , 11/22/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: