.

.
» » » » Danrem 131 Santiago Berikan Kuliah Umum di Unima, Paparkan Ancaman Proxy War

MANADO, RedaksiManado.Com – Berbagai kegiatan positif terus digenjot Rektor Universitas Negeri Manado (Unima), seperti pada Rabu (24/5/2017), Unima kembali menggelar kuliah umum dengan menghadirkan Komandan Komando Daerah Militer (Korem) 131 Santiago Kolonel Inf Sabar Simanjuntak SIP MSc, di ruang rapat Senat Mahasiswa Unima di Tondano.
Simanjuntak dalam pemaparan terkait ancaman disintegrasi bangsa mengangkat judul tentang mewaspadai ancaman non militer (Proxy War) dengan membangun karakter bangsa guna memperkuat ketahanan wilayah Nasional, dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dihadapan civitas akademika UNIMA, Danrem mengatakan, ancaman non militer sangat berbahaya dan mengancam Negara dan bangsa Indonesia.
”ncaman non-militer pada hakikatnya ancaman yang menggunakan factor-faktor non-militer yang meliputi Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya (IPOLEKSOSBUD) dinilai memiliki kemampuan yang membahayakan kedaulatan Negara, kepribadian bangsa, keutuhan wilayah Negara dan keselamatan segenap bangsa,” ujar Kolonel Simanjuntak.
Dirinya mencontohkan perkelahian pelajar, tawuran mahasiswa antar fakultas dan antar universitas serta bentrok mahasiswa dengan masyarakat. Sehingga, dampak dari konflik tersebut rusaknya fasilitas umum dan obyek vital milik pemerintah.
”Itu baru sebagian yang terlihat di permukaan, agresif dan konfrontatif. Kita harus waspada terhadap gerakan yang masih terselubung, halus dan masuk ke semua lini kehidupan masyarakat,” kata Simanjuntak.


Selanjutnya, Rektor Unima Prof DR Julyeta PA Runtuwene MS DEA, dalam sambutannya menyatakan terima kasih atas pemaparan yang diberikan Danrem 131 Santiago. Apalagi, tema yang diangkat terkait peningkatan kewaspadaan terhadap ancaman-ancaman disintegrasi bangsa.
”Saya menyampaikan terima kasih kepada Danrem 131 Santiago yang telah memberikan materi yang sangat baik ini dalam rangka menjaga keutuhan NKRI,” tutur Runtuwene yang adalah istri tercinta Wali Kota Manado DR GS Vicky Lumentut ini.(*/R1)

Admin RMC , , 5/25/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: