.

.
» » » Tomohon Akan Terapkan Mekanisme Pelaksanaan Aplikasi E-Musrenbang

TOMOHON, RedaksiManado.Com – Pemerintah Kota Tomohon menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan Pembangunan Pra Musrenbang RKPD tahun 2018 di Aula Kantor Walikota Tomohon Selasa (24/1/17).
Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak  mengatakan Rakor yang kita laksanakan saat ini merupakan  forum persiapan untuk sinergitas program dan kegiatan pembangunan daerah Kota Tomohon tahun 2018.
Eman menjelaskan bahwa proses penyusunan RKPD tahun 2018 ini diharapkan berjalan sesuai tahapannya dengan menggunakan pendekatan teknokratik, partisipatif, bottom-up, top-down dan politik melalui hasil reses DPRD.
Hal ini bermakna bahwa perencanaan daerah selain diharapkan memenuhi kaidah penyusunan rencana yang sistematis, terpadu, transparan dan akuntabel; konsisten dengan rencana lainnya yang relevan juga kepemilikan rencana menjadi aspek yang perlu diperhatikan.
Sesuai dengan nota kesepahaman pemerintah Kota Tomohon dan KPK pada akhir tahun lalu, maka mekanisme pelaksanaan Musrenbang tahun 2017 ini akan mencoba menerapkan aplikasi E-Musrenbang yang bertujuan untuk transparansi dari E-PLANNING, E-MUSRENBANG hingga E-BUDGETING merupakan prioritas pertama pelaksanaan E goverment yang merupakan visi misi dari program dedicated EMAS.
“Harapan kami, kita akan menyusun APBD yang aspiratif, sesuai dengan peruntukkan, dan mendapat dukungan dari semua elemen pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon”, kunci Wali kota.
Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Daerah Ir Ervinz Liuw MSi saat memaparkan materi mengatakan forum musyawarah tahunan yang dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan untuk menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran berjalan sesuai  dengan tingkatannya.
Maksud pelaksanaan MUSRENBANG yaitu menjamin tercapainya konsistensi perencanaan dan penganggaran prioritas pembangunan daerah tahun 2018 yang bersinergi dengan Perencanaan Pembangunan Tahunan Provinsi Sulawesi Utara dan Nasional dan tujuan terwujudnya sinkronisasi pembangunan daerah antara kota, provinsi dan nasional.
Hadir dalam kegiatan ini Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc, Asisten Perekonomian Ronni Lumowa SSos MSi, Koordinator tim KOTAKU Michiko Mamuaja ST tampil juga membawakan materi, para Camat, Lurah se Kota Tomohon, perwakilan SKPD, dan jajaran pemerintah Kota Tomohon.***(Abd)

EL , 1/24/2017

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: