.

.
» » » Pemkot Pelajari Pengelolaan Taman Hutan Raya di Bandung

TOMOHON,RedaksiManado.Com—Wali kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak didampingi Wakil walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, didampingi beberapa kepala Satuan Perangkat Daerah(SKPD), melaksanakan kunjungan kerja ke Taman Hutan Raya (TAHURA) Ir. H. Juanda, Bandung Jawa Barat.
Kunjungan kerja Pemkot Tomohon ini diterima oleh Kepala Balai Pengelolaan TAHURA Ir. H. Juanda Ir. Lianda Lubis, Sekretaris Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Barat Budi Juanda beserta jajarannya.
Dalam pertemuan yang dilaksanakan di lokasi TAHURA, Wali kota Eman menyampaikan maksud kunjungan kerja Pemkot Tomohon, yakni ingin belajar banyak dari Bandung khususnya pengelolaan Taman Hutan Raya. Sesuai Program yang ada, Pemerintah Kota Tomohon akan membangun Taman Hutan Raya di kawasan Hutan sekitar Gunung Mahawu.
” Harapan ke depan, Kota Tomohon akan memiliki Taman Hutan Raya , sehingga disamping menjadi kawasan konservasi Hutan, kawasan ini juga dapat menjadi salah satu destinasi wisata alam di Kota Tomohon,”jelas Eman.
Sementara pengelola Taman Hutan Raya Bandung Ir. H. Juanda melalui Kepala Balai Ir. Lianda Lubis dalam mengatakan bahwa menjadi sutu kehormatan pihaknya Pemerintah Kota Tomohon datang belajar ke Bandung Jawa Barat mengenai pengelolaan Taman Hutan Rakyat.
Lubis juga menjelaskan bagaimana pengelolaan Tahura beserta kiat-kiatnya sehingga boleh sukses sampai dengan saat ini.
Dari kunjungan kerja ini Pemkot Tomohon memperoleh wawasan mengenai regulasi-regulasi pengelolaan serta manfaat dari adanya TAHURA, bahkan keberadaan Tahura di Kota Bandung telah memberikan multiplayer effect bagi perekonomian masyarakat sekitar,dimana sesuai data yang diperoleh dalam 1 Tahun perputaran uang di kompleks Tahura mencapai Rp.14 Miliar dengan pendapatan karcis masuk senilai Rp.7 Miliar/tahun.
Pemkot Tomohon berharap apa yang telah dicapai oleh Kota Bandung dalam pengelolaan TAHURA beserta multiplayer effectnya bisa dicapai Kota Tomohon ke depan ketika telah memiliki Taman Hutan Raya .
”Saya berharap SKPD terkait untuk menindaklanjuti hasil kunjungan kerja ini, sehingga kerinduan untuk memiliki TAHURA cepat terealisasi, karena ini semua dilakukan semata-mata adalah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan fasilitas-fasilitas umum,”tandas Eman yang didampingi wakil walikota, Asisten II , Kadis lingkungan hidup, Kadis Pariwisata, Kadis Perkim, Kadis Pertanian, Staf ahli A.J dan Kabag Humas Christo Kalumata SSTP.(ABD)

Admin RMC , 3/09/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama