.

.
» »Unlabelled » Manfaat Ikan Gabus Bagi Penderita Diabetes


RedaksiManado.Com
- Manfaat ikan gabus atau ka'bos bagi penderita
diabetes sudah ditunjukkan oleh sejumlah penelitian kompeten. Apalagi mengingat bahwa diabetes merupakan penyakit yang berbahaya. Penyakit ini tak hanya menyerang orang tua, tapi juga bisa menyerang remaja muda. Penderita diabetes harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar kadar gula dalam tubuh tidak meningkat.

Jika dibiarkan berlangsung lama tanpa penanganan, diabetes dapat menimbulkan penyakit baru atau komplikasi bahkan menyebabkan kematian. Oleh sebab itu penderitanya bisa mengambil manfaat ikan gabus sebagai cara alami mencegah dan juga mengobati penyakit ini.

Ikan gabus ini memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya dan dipercaya mengandung banyak nutrisi karena sarat akan kandungan berbagai protein dan vitamin D. Selain itu ikan gabus adalah sumber asam lemak omega-3 terbaik.

Keistimewaan manfaat ikan gabus bagi penderita diabetes dan masalah kesehatan lainnya, juga karena kandungan protein albuminnya. Tak kalah dengan protein yang terkandung dalam ikan salmon. Albumin juga dikenal sebagai zat yang mampu memperbaiki sel (menghidupkan kembali sel-sel tubuh), sehingga kesehatan akan cepat pulih.

Diketahui ikan gabus merupakan predator air tawar, dan memiliki nama istilah Channa striata. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah di Indonesia. Sehingga bagi Anda penderita diabetes, untuk mendapatkan ikan gabus ini cukup mudah.

Simak manfaat ikan gabus bagi penderita diabetes dan sejumlah khasiat lain bagi kesehatan berikut ini, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (11/3).
Kandungan Nutrisi Ikan Gabus


Ikan gabus memiliki kandungan protein yang banyak dan menjadi salah satu bahan konsumsi kesukaan masyarakat di pedesaan. Karena secara kondisi di Indonesia, berbeda dengan masyarakat pesisir, masyarakat pedesaan memiliki pilihan terbatas untuk memenuhi asupan protein hewani.

Banyak studi yang telah mengungkap nutrisi yang ada dalam ikan gabus. Salah satunya dalam jurnal yang dipublikasikan oleh Hindawi, menemukan bahwa ekstrak ikan gabus kaya akan asam amino, asam amino nonesensial yakni asam glutamat, arginin, dan asam aspartat.

Berikut ini sejumlah kandungan nutrisi penting yang terkandung dalam ikan gabus yang setara 150 gram, seperti dilansir dari Dr Health Benefits:
Kalori 118
Total Lemak 4 gram
Karbohidrat 15 gram
Protein 20 gram
Kolesterol 0 mg
Kalsium 6 persen
Besi 2 persen
Protein 20 gram

***(IMK)

Admin RMC 3/12/2022

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: