.

.
» » Usai Jalani Rapid Tes Masal, Sejumlah Penyelenggara Pilkada Minsel Reaktif



Minsel, RedaksiManado.com -- Setelah mengikuti rapid test massal covid-19 pada hari Sabtu (27/6), Sejumlah penyelenggara ad hoc Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatan dinyatakan reaktif. 
Tes cepat yang merupakan kerjasama KPU-Bawaslu dengan tim gugus tugas melalui Dinkes Pemkab Minsel itu adalah penerapan protokol covid-19 dalam menghadapi tahapan verifikasi faktual (Virtual) dokumen dukungan calon perseorangan pada pilkada 9 Desember nanti.
Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Minsel dr Erwin Schouten menjelaskan para pasien reaktif itu telah menjalani isolasi mandiri pasca pelaksanaan rapid test.
Selama menjalani masa karantina mandiri pihak medis akan secara rutin melakukan pemantauan.
“Mereka menjalani isolasi mandiri selama dua pekan. Pada hari ke-10 akan dilakukan tes rapid kedua. Data pastinya belum tahu persis. Tapi puluhan yang reaktif” terang Schouten.
Disampaikannya apabila pada rapit kedua lalu hasilnya menunjukkan reaktif atau samar-samar maka akan dilanjutkan ke tahap selanjutnya melalui tes SWAP.
“Tapi kita berharap yang terbaik. Apalagi mereka itu kan sifatnya deteksi dini. Bukan kontak erat, ” katanya.
Sementara itu, Komisioner Bawaslu Minsel Franny Sengkey mengaku sudah mengetahui ada sejumlah personil panwas Yang hasil rapidnya reaktif.
“Di Bawaslu sendiri ada enam yang reaktif. Tersebar di beberapa Kecamatan. Seperti Kecamatan Maesaan, Sinonsayang, Modoinding dan Sultra, ” jawab Sengkey ketika ditanya redaksi ini.
Terhadap enam personil pengawas pemilu tersebut, Bawaslu mengambil sikap dinonaktifkan sementara.
“Untuk tugas-tugas pengawasan akan diambil alih oleh rekan-rekan yang lain. Sampai hasilnya benar-benar bebas covid-19,” tandas Sengkey.
Pihak KPU sendiri sampai berita ini diturunkan belum berhasil dikonfirmasi. Redaksi sempat beberapa kali menghubungi Ketua KPU via telpon sayangnya tidak direspon. (**)

Seventh 7/01/2020

Penulis: Seventh

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: