.

.
» » Eman:Petani dapat Mensejahterakan Keluarga Berkat Bunga "Krisan"

Tomohon,RedaksiManado.Com~Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak ikut memanen beberapa varietas bunga krisan, termasuk bunga khas Kota Tomohon yakni  krisan riri (kuning) dan krisan kulo (putih) di screen house Show Window Kakaskasen Kota Tomohon, senin (6/8). 

Panen bunga bersama para petani bunga dan stakeholder lainnya dilakukan Eman disela kegiatan temu stakeholder percepatan implementasi sistem pembenihan krisan di Tomohon, yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon. 

Wali Kota Eman saat membuka kegiatan menjelaskan bahwa bunga krisan menjadi komoditi unggulan Kota Tomohon karena memiliki nilai estetika dan nilai ekonomis yang tinggi. "Saat ini Kota Tomohon memiliki kisaran 94 screen house, maka mampu memproduksi 3,5 juta tangkai bunga krisan pertahunnya, dengan demikian pengembangan komoditi krisan memiliki prospek menjanjikan, sehingga petani krisan mampu mensejahterakan keluarga", ungkapnya.

"Memang yang menjadi permasalahan saat ini, untuk pengadaan bibit krisan masih bergantung pada produsen benih dari luar Kota Tomohon, sehingga pihak kamipun terus berupaya kedepan melalui kerja sama dengan unsur terkait agar nantinya tercipta industri benih krisan di Kota Tomohon", tambah Eman.

Disinggung kaitan ketersediaan bunga untuk kegiatan TIFF 2018. "Untuk stok bunga yang akan digunakan di kegiatan TIFF tahun ini tidak kekuarangan bahkan melebihi dari target yang dibutuhkan, jadi untuk ketersediaan bunga terlebih untuk dekorasi float tidak jadi masalah, dan pastinya kebutuhan bunga yang akan digunakan untuk keperluan lainnya oleh warga tentu tetap tersedia, jadi tidak perlu khawatir", ujar JFE.

Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Ir Vonny Pontoh MBA menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan efisiensi dan optimalisasi pemanfaatan potensi Kota Tomohon sebagai penghasil produk florikultura khususnya komoditi krisan.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias Dr Rudy Soehendi MP, peneliti tanaman hias Prof Budi Marwoto, Kepala BPTP Balitbangtan Sulut Dr Ir Hiasinta Motulo MSi.
Tampak hadir juga Ketua Asbindo Kota Tomohon yang juga anggota DPRD Piet Pungus SPd, GM Manajer Pertamina Salvius Patangke.**(abd4907)

EL 8/06/2018

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: