.

.
» » WASPADA.... MINAHASA ADALAH DAERAH ENDEMIS RABIES

MINAHASA, RedaksiManado.Com - Masyarakat Minahasa diminta waspada terhadap penyebaran virus rabies karena daerah Toar Lumimuut ini masuk dalam kategori endemis rabies.
Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa, Ir Suhban Torar.
Kepada wartawan Torar mengatakan bahwa pemerintah di tingkat kecamatan sampai desa dan kelurahan harus pro aktif bersinergi dengan pihaknya. Karena untuk menangani rabies di suatu wilayah, sebaiknya jika sama sekali belum ada virus.
“Inilah gunanya vaksinasi. Kalau virusnya sudah menyebar kudian baru dilakukan vaksinasi atau penyuntikan hewan penular rabies, itu namanya sudah terlambat satu langkah,” ujar Torar.
Dikatakanya, saat ini petugas vaksinasi dari Dinas Pertanian melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan sementara berada di lapangan melakukan vaksinasi.
“Ketika hewan penular rabies disuntik, harus dikarantina selama dua pekan. Kalau dalam darah hewan tersebut telah ada virus rabies, pasti hewannya akan mati. Tapi kalau setelah dua pelan hewan tersebut tidak mati, berarti sehat,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Frankie Polii mengatakan kalau mereka melakukan vaksinasi untuk 25 kecamatan di Kabupaten Minahasa yang memiliki 227 desa dan 43 kelurahan. Karena itu, dibandingkan dengan jumlah personil yang sedikit, pasti memakan waktu yang lama.
“Karena itu, jika ada wilayah yang mendesak untuk segera dilakukan vaksinasi, silahkan datang melapor. Dan akan segera kami tindaklanjuti supaya bisa secepatnya dikendalikan,” ujar Polii. (Angel)



Angel Mendur 8/24/2017

Penulis: Angel Mendur

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: